CONTOH SKRIPSI BIOLOGI PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA SLTP NEGERI 7 MAKASSAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI




" KUMPULAN CONTOH SKRIPSI BIOLOGI"
 BAB  I

PENDAHULUAN

 

A. Latar Belakang Masalah

Pendekatan belajar, strategi belajar, kiat melaksanakan pendekatan serta metode belajar termasuk faktor-faktor yang turut menentukan tingkat efisiensi dan keberhasilan siswa. Seorang siswa memiliki kemampuan ranahcipta (kognitif) yang lebih tinggi dari teman-temannya ternyata hanya mampu mencapai hasil yang sama dengan apa yang dicapai oleh teman-temannya, bahkan bukan hal yang mustahil jika suatu saat siswa yang cerdas tersebut mengalami kemerosotan prestatsi ke yang lebih rendah dari pada prestasi yang dicapai oleh temannya yang berkapasitas rata-rata (Muhibbin Syah).
Jika dilihat dari aspek kualitas maupun kuantitas penyelengaraan pendidikan sampai saat ini masih merupakan suatu masalah yang paling menonjol dalam setiap usaha pembaharuan sistem pendidikan nasional. Kedua masalah tersebut sulit ditangani secara simultan sebab dalam upaya meningkatkan kualitas, masalah kuantitas terabaikan demikian pula sebaliknya. Oleh karena itu tidak mengherankan bila masalah pendidikan tidak pernah tuntas dimanapun, termasuk di negara yang maju sekalipun.
Sungguhpun demikian pemerintah, dalam hal ini Depdiknas telah melakukan berbagai upaya dalam mengatasi segala masalah pendidikan. Upaya tersebut hampir mencakup semua komponen pendidikan. Misalnya pembaharuan kurikulum, pembaharuan proses belajar mengajar, peningkatan kualitas guru, pengadaan buku pelajaran, pengadaan dan penyempurnaan sarana dan prasarana belajar, penyempurnaan sistem penilaian, penataan organisasi dan manajemen pendidikan, dan berbagai usaha yang mengarah pada pencapaian hasil pengajaran/pendidikan secara maksimal.
Mengingat pendidikan selalu berkenan dengan upaya pembinaan manusia, maka keberhasilan pendidikan sangat bergantung pada manusianya (Nana Sudjana, 1989). Unsur manusia yang paling menentukan keberhasilan pendidikan adalah guru dan pesrta didik. Dalam hal ini guru dituntut bagaimana ia menjadi tenaga pengajar dan pendidik yang profesional. Di lain pihak peserta didik harus sadar bahwa pendidikan sangat menentukan kemajuan peradaban manusia.
Mewujudkan proses kegiatan pendidikan dan pengajaran, maka unsur yang terpenting antara lain adalah; bagaimana guru dapat merangsang dan mengarahkan siswa dalam belajar, yang pada gilirannya dapat mendorong siswa dalam pencapaian hasil belajar secara optimal. Mengajar dapat merangsang dan membimbing dengan berbagai pendekatan, dimana setiap pendekatan dapat mengarah pada pencapai tuain belajar yang berbeda. Tetapi apapun subyeknya mengajar pada hakekatnya adalah menolong siswa dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan sikap serta ide dan apresiasi yang mengarah pada perubahan tingkah laku dan pertumbuhan siswa.
Berdasar dari uraian-uraian tersebut di atas, tampaknya masalah pendidikan yang banyak diragukan orang bisa diselesaikan dengan baik. Hal mana semua unsur yang berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar yang maksimal diperhatikan. Hanya saja kenyataan menunjukan, bahwa setiap kali evaluasi pengajaran dilakukan seringkali hasilnya tidak memuaskan, termasuk dalam pengajaran IPA-Biologi umumnya. Tentu saja banyak faktor yang berpengaruh, di antaranya adalah minat belajar siswa terhadap pelajaran yang dimaksud, pantas untuk dipertanyakan. Hal tersebut sesuai dengan pendapat Abu Ahmadi dkk, (1998) bahwa bilamana tidak ada minat seseorang terhadap suatu pelajaran, akan timbul kesulitan dalam belajarnya.

 B. Rumusan Masalah 

Untuk memudahkan penulis dalam pelaksanaan penelitian di lapangan serta dalam pengolahan hasil penelitian, maka dengan berdasar pada uraian latar belakang tersebut di atas, penulis menganggap penting untuk membuat rumusan masalah dan menentukan objek penelitian yang antara lain, yakni terhadap masalah:
1.    Bagaimana pengaruh minat belajar siswa SLTP Negeri 7 terhadap hasil belajar Biologi ?
2.    Faktor-faktor apa yang mempengaruhi minat belajar siswa SLTP Negeri 7 terhadap hasil belajar Biologi ?

 C. Tujuan Penelitian

Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk :
1.  Mengetahui bagaimana pengaruh minat belajar siswa SLTP Negeri 7 terhadap hasil belajar Biologi ?
2.  Mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi minat belajar siswa SLTP Negeri 7 terhadap hasil belajar Biologi ?.

D. Manfaat Penelitian
Dalam penelitian ini, penulis mengharapkan mendapat manfaat yang sangat urgen dalam penerapannya di lapangan yang sesungguhnya, terutama pada SLTP Negeri 7. Beberapa manfaat yang diharapkan penulis dalam penelitian ini antara lain :
1.    Hasil yang dicapai dalam penelitian tersebut, diharapkan sebagai bahan masukan bagi insan yang berkecimpung dalam dunia pendidikan, bahwa penumbuhan minat belajar adalah prasyarat mutlak dalam pencapaian hasil belajar maksimal, termasuk di dalamnya prestasi atau belajar mata pelajaran Biologi
2.    Hasil penelitian tersebut juga diharapkan menjadi landasan atau pegangan bagi para guru, khususnya guru Biologi di SLTP    Negeri 7, bahwa pemilihan pendekatan/ metode dalam belajar Biologi perlu memperhatikan minat siswa, sebab dengan minat siswa yang kuat akan sangat mempengaruhi prestasi belajar mereka..
3.    Hasil penelitian tersebut diharapkan sebagai bahan informasi dasar tentang pengaruh minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Biologi, khususnya pada siswa SLTP Negeri 7, sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan bagi guru mata pelajaran Biologi khususnya dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar yang akan dilakukan, yang pada akhirnya akan mempengaruhi hasil belajar siswa, khususnya mata pelajaran Biologi.


                                                          BAB  II

TINJAUAN PUSTAKA

A.  Pengertian Minat Belajar

Kata minat belajar, merupakan dua kata yang terangkai menjadi satu, yakni kata “minat” dan “belajar”. Untuk lebih memahami makna atau pengertian minat belajar, maka sebaiknya penulis mengartikan secara terpisah dengan melibatkan ungkapan para pakar pendidikan.
Kata “Minat” mengandung pengertian “kecenderungan jiwa yang tetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa aktivitas atau kegiatan” (Slameto, 1995). Artinya, bahwa seseorang yang berminat terhadap suatu aktivitas dan memperhatikan itu secara konsisten dengan rasa senang.
Menurut Kartono (1995), minat merupakan moment-moment dari kecenderungan jiwa yang terarah secara intensif kepada suatu obyek yang dianggap paling efektif (perasaan, emosional) yang didalamnya terdapat elemen-elemen efektif (emosi) yang kuat. Minat juga berkaitan dengan kepribadian. Jadi pada minat terdapat unsur-unsur pengenalan (kognitif), emosi (afektif), dan kemampuan (konatif) untuk mencapai suatu objek, seseorang suatu soal atau suatu situasi yang bersangkutan dengan diri pribadi (Buchori, 1985)
Adapun kata “belajar” mengandung makna aktivitas yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang untuk mengetahui sesuatu, baik melalui pengamatan, pengalaman, membaca dan lain sebagainya.
Biologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang kehidupan. Semua benda yang hidup menjadi obyek dari biologi. Oleh karena itu biologi berobyekkan benda-benda yang hidup. Maka cukup banyak ilmu-ilmu yang tergabung di dalamnya. Biologi sebagai salah satu bidang ilmu pengetahuan juga merupakan objek pada aspek minat. Dengan demikian, bidang biologi dapat melahirkan reaksi perasaan senag, gembira, dan semangat belajar, begitu pula sebaliknya, tergantung dari kepribadian siswa sendiri apakah menaruh minat yang tinggi terhadap bidang biologi atau tidak (Ahmadi, 1998).
Menurut Hardjana (1994), minat  merupakan kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu yang timbul karena kebutuhan, yang dirasa atau tidak dirasakan atau keinginan hal tertentu. Minat dapat diartikan kecenderungan untuk dapat tertarik atau terdorong untuk memperhatikan seseorang sesuatu barang atau kegiatan dalam bidang-bidang tertentu (Lockmono, 1994).
Minat dapat menjadi sebab sesuatu kegiatan dan sebagai hasil dari keikutsertaan dalam suatu kegiatan. Karena itu minat belajar adalah kecenderungan hati untuk belajar untuk mendapatkan informasi, pengetahuan, kecakapan melalui usaha, pengajaran atau pengalaman (Hardjana, 1994).
Menurut Gie (1998), minat berarti sibuk, tertarik, atau terlihat sepenuhnya dengan sesuatu kegiatan karena menyadari pentingnya kegiatan itu. Dengan demikian, minat belajar adalah keterlibatan sepenuhnya seorang siswa dengan segenap kegiatan pikiran secara penuh perhatian untuk memperoleh pengetahuan dan mencapai pemahaman tentang pengetahuan ilmiah yang dituntutnya di sekolah.
Minat besar pengaruhnya terhadap aktivitas belajar. Siswa yang berminat terhadap biologi akan mempelajari biologi dengan  sungguh-sungguh seperti  rajin belajar, merasa senang mengikuti penyajian pelajaran biologi, dan bahkan dapat menemukan kesulitan–kesulitan dalam belajar menyelesaikan soal-soal latihan dan praktikum karena adanya daya tarik yang diperoleh dengan mempelajari biologi. Siswa akan mudah menghafal pelajaran yang menarik minatnya. Minat berhubungan erat dengan motivasi. Motivasi muncul karena adanya kebutuhan, begitu juga minat, sehingga tepatlah bila minat merupakan alat motivasi. Proses belajar akan berjalan lancar bila disertai minat. Oleh karena itu, guru perlu membangkitkan minat siswa agar pelajaran yang diberikan mudah siswa mengerti (Hasnawiyah, 1994).
Kondisi kejiwaan sangat dibutuhkan dalam proses belajar mengajar. Itu berarti bahwa minat sebagai suatu aspek kejiwaan melahirkan daya tarik tersendiri untuk memperhatikan suatu obyek tertentu.
Berdasarkan hasil penelitian psikologi menunjukkan bahwa kurangnya minat belajar dapat mengakibatkan kurangnya rasa ketertarikan pada suatu bidang tertentu, bahkan dapat melahirkan sikap penolakan kepada guru (Slameto, 1995).
Minat merupakan salah satu faktor pokok untuk meraih sukses dalam studi. Penelitian-penelitian di Amerika Serikat mengenai salah satu sebab utama dari kegagalan studi para pelajar menunjukkan bahwa penyebabnya adalah kekurangan minat (Gie, 1998).

 NB : JIKA TEMAN - TEMAN INGIN VERSI LENGKAP DARI SKRIPSI BIOLOGI INI, SILAHKAN TINGGALKAN E-MAIL SOBAT DI CHAT BOX , SAYA AKAN MENGIRIMKAN VERSI LENGKAPNYA KE ALAMAT E-MAIL SOBAT GRATIS............

17 Responses to "CONTOH SKRIPSI BIOLOGI PENGARUH MINAT BELAJAR SISWA SLTP NEGERI 7 MAKASSAR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI"

  1. ternyata susuah bangat kalau sudah mau2 akhir kuliah, mau ngambil judul ja dah bingung.. waduuuh, kalau bleh sy mw liat bentuk lengkapnya ya.. makasihhh

    kandaibra@gmail.com

    ReplyDelete
  2. klo bsa aku jg mnta
    rhenapuspita49@yahoo.com

    ReplyDelete
  3. yg nie juga min..
    Plisss...
    rn333933@gmail.com
    Makasih banyak min.

    ReplyDelete
  4. saya juga berminat dengan skripsi anda..kalo boleh kirimin ke email nurainisti@yahoo.com ya..
    terimakasih banyak sesudah dan sebelumnya :)

    ReplyDelete
  5. saya berminat ingin membaca skripsi anda secara lengkap kalau bisa tolong kirim ke email saya pmatnurhalima@gmail.com. terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  6. ridwan0611@yahoo.co.id

    ditunggu kirimannya ya

    ReplyDelete
  7. Min, kirim ke email q juga yaa:
    lya.moetz@yahoo.com
    Kalo bisa kumpulan skripsi Biologi PTK maupun Ekologi, soalnya masih bingung-bingung nih mau yang mana.. Sebelumnya terima kasih yaa min.. Semoga sukses.. :)

    ReplyDelete
  8. min... butuh skripsi nih..kirim ke emailku yah
    kartina_c2sore@yahoo.co.od

    ReplyDelete
  9. min butuh skripsi nih.. kirim ke emaliku jg yah..
    kartina_c2sore@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  10. aq prlu bnget ne contoh skripsinya... ppliiss yaaa..


    rita.biologi@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  11. qa butuh jg, kirim ke emailku jg yah..,, Andi_nur_rahmad@rocketmail.com

    ReplyDelete
  12. aq perlu banget nhe contoh skripsinya, mohon d krimin d email aq ya,,

    andi.nur.rahmad91@gmail.com

    ReplyDelete
  13. Ane minta kirimin ya gan....
    ke ianngrh@gmail.com

    Thank's for your help

    ReplyDelete
  14. Minta tolong dikirim ke ianngrh@gmail.com ya Gan..

    Thank's for your help

    Semoga agan makin sukses

    ReplyDelete