CONTOH SKRIPSI EKONOMI AKUNTANSI PENERAPAN AKUNTANSI PAJAK ATAS KEPEMILIKAN AKTIVA KENDARAAN DENGAN METODE CAPITAL LEASE



" KUMPULAN SKRIPSI EKONOMI AKUNTANSI "

BAB 1


                                                                 PENDAHULUAN

 1.1 Latar Belakang Permasalahan

Dana memegang peranan penting dalam menunjang kegiatan operasional perusahaan. Perusahaan dapat menggunakan dana tersebut sebagai alat  investasi melalui penanaman barang modal. Dana yang diterima oleh perusahaan digunakan untuk membeli aktiva tetap, untuk memproduksi barang dan jasa, membeli bahan-bahan untuk kepentingan produksi dan penjualan, dan lain-lain.
Dalam hal pengadaan barang modal, ada beberapa alternatif pembiayaan yang bisa dilakukan oleh perusahaan. Pembiayaan dari sumber internal dan pembiayaan dari sumber eksternal. Pembiayaan dari sumber internal dihasilkan sendiri di dalam perusahaan, diantaranya adalah laba ditahan, modal saham, dan lain-lain. Sedangkan pembiayaan dari sumber eksternal berasal dari luar perusahaan, diantaranya adalah pinjaman bank, sewa guna usaha (leasing), penjualan kredit dari pemasok, dan lain-lain.
Bagi perusahaan yang mempunyai modal besar, alternatif termudah adalah dengan menggunakan modal sendiri, sebaliknya bagi perusahaan yang tidak mempunyai cukup modal, alternatif yang dipilih adalah pembiayaan dari luar perusahaan. Salah satu jenis pembiayaan barang modal yang mulai banyak digunakan perusahaan di Indonesia selain pinjaman dari bank adalah pembiayaan sewa guna usaha (leasing).
Sewa guna usaha (leasing) adalah kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyediaan barang modal baik secara sewa guna usaha dengan hak opsi (capital lease) maupun sewa guna usaha tanpa hak opsi (operating lease) untuk digunakan oleh lessee selama jangka waktu tertentu berdasarkan pembayaran secara berkala. Sewa guna usaha dengan hak opsi (financial lease) yaitu apabila dalam transaksi perusahaan lessor bertindak sebagai pihak yang membiayai barang modal dimana secara berkala lessor menerima pembayaran sewa guna usaha dari lessee dan di akhir masa sewa terdapat hak opsi bagi lessee. Hak opsi adalah hak lessee untuk membeli barang modal yang disewagunausahakan atau memperpanjang jangka waktu perjanjian sewa guna usaha. Sedangkan sewa guna usaha tanpa hak opsi (operating lease) yaitu apabila dalam transaksi perusahaan lessor membeli barang modal dan kemudian menyewa guna usahakannya kepada lessee, lessee tidak mempunyai hak opsi untuk membeli atau memperpanjang transaksi sewa guna usaha tersebut.
Pada setiap akhir periode, perusahaan selalu membuat laporan keuangan yang terdiri dari neraca dan laporan laba rugi. Dalam membuat laporan keuangan tersebut transaksi sewa guna usaha diperlakukan dan dicatat sebagai aktiva tetap dan kewajiban pada awal masa sewa guna usaha sebesar nilai tunai dari seluruh pembayaran sewa guna usaha ditambah nilai sisa (harga opsi) yang harus dibayar oleh penyewa guna usaha pada akhir masa sewa guna usaha.
Perlakuan tersebut di atas adalah perlakuan yang biasa terjadi pada akuntansi komersial, perlakuan untuk perpajakan tentunya memiliki perbedaan dikarenakan adanya ketentuan-ketentuan perpajakan yang secara khusus mengaturnya. Adanya perbedaan tersebut memotivasi penulis untuk mencoba meneliti bagaimana perlakuan akuntansi perpajakan atas transaksi sewa guna usaha.

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas, rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut :
“Bagaimanakah penerapan akuntansi perpajakan atas kepemilikan aktiva kendaraan dengan metode capital lease pada PT.IGLAS (Persero) ?”

1.3 Tujuan Penelitian

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah :
1.      Untuk mengetahui perlakuan akuntansi perpajakan atas transaksi sewa guna usaha dengan hak opsi (capital lease) pada PT.IGLAS (Persero).
2.      Menerapkan perlakuan akuntansi perpajakan yang tepat untuk kepemilikan aktiva kendaraan dengan sewa guna usaha dengan hak opsi pada PT.IGLAS (Persero).

1.4 Manfaat Penelitian

Manfaat yang diharapkan akan diperoleh setelah melakukan penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Bagi penulis
Dapat memberikan kesempatan untuk mengadakan pengkajian dan pembahasan terhadap ilmu-ilmu yang diterima dalam perkuliahan dengan kenyataan yang sebenarnya terjadi dalam perusahaan.
2.      Bagi perusahaan
Dapat memberikan acuan pada PT.IGLAS (Persero) tentang tata cara dan prosedur yang tepat untuk perlakuan akuntansi perpajakan sewa guna usaha.
3.      Bagi pembaca lainnya
Dapat digunakan sebagai sumber informasi untuk menambah pengetahuan dan sebagai bahan penelitian lebih lanjut bagi peneliti lainnya.

1.5 Sistematika Penulisan Skripsi

Secara garis besar skripsi ini terdiri dari 5 (lima) bab. Sistematika penulisan skripsi ini dapat diuraikan sebagai berikut :

Bab 1: Pendahuluan

Bab ini berisi latar belakang masalah yang menguraikan pandangan umum tentang perlakuan akuntansi pajak atas kepemilikan aktiva kendaraan dengan metode capital lease. Selanjutnya bab ini juga menguraikan tentang rumusan masalah penelitian, tujuan penelitian, manfaat penelitian dan sistematika penulisan skripsi.

Bab 2: Tinjauan Kepustakaan

Bab ini menguraikan tentang teori dan konsep yang berhubungan dengan masalah penelitian, antara lain mengenai pengertian akuntansi, pengertian laporan keuangan, pengertian aktiva tetap, akuntansi pajak penghasilan, akuntansi pajak pertambahan nilai, pengertian leasing, serta teori-teori lainnya.

Bab 3: Metodologi Penelitian

Bab ini menguraikan tentang alasan pemilihan metode penelitian yaitu menggunakan metode penelitian kualitatif (studi kasus). Dengan menggunakan metode tersebut penulis dapat menjelaskan secara rinci dan mendalam tentang objek studi dan dapat menemukan penyelesaian masalah dari permasalahan yang sedang diteliti oleh penulis.

Bab 4 : Hasil dan Pembahasan

Bab ini berisi tentang gambaran umum obyek dan subyek penelitian yang meliputi sejarah singkat perusahaan, struktur orgnisasi, kebijakan akuntansi perusahaan yang terkait dengan transaksi sewa guna usaha, serta perlakuan akuntansi pajak atas transaksi sewa guna usaha yang terjadi di perusahaan.

Bab 5 Kesimpulan dan Saran

Bab ini berisikan tentang simpulan dari seluruh pembahasan yang telah dilakukan pada bab-bab sebelumnya, sert pemberian saran-saran sehubungan dengan pembahasan yang telah dilakukan.









NBJIKA SOBAT INGIN VERSI LENGKAPNYA, SILAHKAN TINGGALKAN E-MAILNYA DI CHATBOX, SAYA AKAN MENGIRIMKAN KE E-MAILNYA GRATIS..............
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
39 Komentar untuk "CONTOH SKRIPSI EKONOMI AKUNTANSI PENERAPAN AKUNTANSI PAJAK ATAS KEPEMILIKAN AKTIVA KENDARAAN DENGAN METODE CAPITAL LEASE "

max_nine999@yahoo.com
minta yang lengkap dong bos buat bahan refrensi saya

tolong help me,,kirim ke nanaredie@yahoo.co.id
Thankx

mau dong yang lengkapnya

dian.fernanda@yahoo.com

Dian Fernanda >> siip...akan segera saya kirim, ditunggu ya..........

mau dong mas versi lengkapnya. emailku : lastri_hsl@yahoo.com

puthry_girlz@yahoo.com
mau versi lengkap nya

putri >> ditunggu ya, akan sgera sy kirim.....

mohon versi lengkapnya yah .
king.harpen@yahoo.com.au

thanks before. GBU

mohon bantuan kirim versi lengkapnya ke alamat
nismatuulfa@yahoo.com

mohon bantuan kirim versi lengkapnya ke alamat hasanah_nurul85@yahoo.co.id

This comment has been removed by the author. - Hapus

dhevie >> ditunggu ya dhev, akan sgera dikirim......

Nia >> ditunggu ya nia.. akan sgera sy kirimkan....

tolong kirim lengkapnya dong ke lydiadrny@yahoo.com thanks yaa. plis penting bgt ni

mau donk

unimoe181@gmail.com

ditunggu yah
makasih

tlg dikirim ke email ladyandini@yahoo.com ya. makasi sebelumnya

tolong dikirim ke saya juga mas. . .makasih

tolong ya mas di email ke mautg@rocketmail.com terima kasih atas bantuan nya

tolong di kirim ke saya juga dong mas mautg@rocketmail.com terima kasih y atas bantuanya

saya juga donk mas...minta tolong..buat bahan refrensi
vhyrza@gmail.com

trima kasih...

tlg donk mnta lgkpnya...
fannyabidin@yahoo.co.id

armansaputra10@gmail.com
Thanks atas kebaikannya udah mau berbagi dengan sesama.. pasti ini sangat bermafaat.

nurul.nunun@gmail.com
Tolong dikirimin lengkapnya ke email saya ya mas :)
Thx before

Mas
saya mau minta untuk referensinya
kokosafitri@gmail.com
makasih

ratna.wahyuni42@yahoo.com
tolong krim lengkapya ke email saya yha mas :)
terimakasih,,,!!!!!

tolong kirimkan skripsi lengkap nya ke email saya ya :)
rizkapratiwi29@yahoo.com
terimakkasih

tolong kirimkan skripsi lengkap nya ke email saya ya :)

by300809@gmail.com


terimakkasih

Selamat siang Pak Wira, Saya Irwin. Boleh tolong minta versi lengkap nya pak? sebagai referensi skripsi saya :) Terima Kasih Banyak
irwinwistilas@gmail.com

juni.lilis@yahoo.co.id,, please kirimi ya ,,makasih

mau dong contoh lengkapnya
den_denfer@yahoo.com
makasih :)

maedah_pertiwi@yahoo.co.id
Tolong di kirim ya contoh semua skripsi ekonominya..di tunggu emailny makasih

tolong kirimin versi lengkapnya ya
amoszheraity8@gmail.com
makasih banyak atas bantuannya
:D

Mohon bantuannya ya mas,tolong kirim versi lengkapnya ke email saya ke bajenk69@gmail.com
Buat referensi skripsi saya
Semoga Allah membalas kebaikan anda :)

tolong kirimkan skripsi lengkap nya ke email saya ya :)
brilliant_JMM@yahoo.com
thanks

Tolong kirimkan ke email saya ya..
Himeya.sakura@gmail.com
Trims sebelumnya... :)

tolong kirim versi lengkapnya ke email saya
resinobet@yahoo.com
trimakasih banyak
anda sangat membantu

Mas tulungin kirim versi lengkapnya ya ke bhuraba@gmail.com buat komparasi ,Tks

Cbmerah@1gmail.com tolongin donk.. kirim ya....

terimakasih sebelumnya jika anda berkenan mengirim ke alamat email saya Idealskali@yahoo.co.id
saya selalu menunggu email lengkapnya...makasih sob

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top