RPP DAN SILABUS SENI BUDAYA DAN KESENIAN (SBK) KELAS 4 SD BERKARAKTER SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: IV (empat) / I (satu)
Pertemuan Ke
: 1 – 2
Alokasi Waktu
: 4 x 35’


Standar Kompetensi
SENI RUPA
1.   Mengapresiasi Karya Seni rupa

Indikator :
  • Melakukan pengamatan seni rupa terapan
  • Menyimak penjelasan tentang makna  seni rupa terapan.
  • Melakukan diskusi untuk mencari contoh seni rupa terapan.
·         Menyebutkan contoh-contoh karya seni rupa terapan yang dapat ditemukan pada kehidupan sehari-hari.
  • Melalui pengamatan model  dan diskusi, siswa menjelaskan cirri-ciri seni rupa terapan yang ada di daerahnya masing-masing.
  • Melalui Pengamatan pada model, siswa menjelaskan beberapa jenis seni rupa terapan yang pernah diamati.
  • Menjelaskan seni rupa terapan dengan bentuk 2 dimensi.
  • Melalui pengamatan, diskusi dan penjelasan guru siswa menjelaskan jenis seni rupa 3 dimensi.
  • Melalui tugas individu dan kelompok, siswa mendokumentasikan contoh-contoh seni rupa  2 dimensi dan 3 dimensi.

I.   Tujuan Pembelajaran
·         Siswa dapat menjelaskan makna  seni rupa terapan
·         Siswa dapat menyebutkan contoh seni rupa terapan.
·         Siswa mampu mengungkapkan  karya seni rupa dan kegunaannya.
·         Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri dari seni rupa terapan yang ada di daerah tempat tinggal siswa.
·         Siswa dapat menjelaskan jenis  seni rupa  terapan yang merupakan 2 dimensi.
·         Siswa dapat menjelaskan jenis seni rupa  terapan yang merupakan 3 dimensi.
·         Siswa dapat mendokumentasikan contoh-contoh seni rupa terapan 2 dimensi
  • Siswa dapat mendokumentasikan contoh-contoh seni rupa 3 dimensi.

II.   Materi Ajar
a.       Seni Rupa dan Kegunaanya
b.       Mengenal seni rupa terapan

III.   Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
4. Tes tertulis

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

  Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Mempersiapkan alat-alat yang diperlukan
5.       Memperlihatkan karya seni rupa terapan melalui majalah atau Koran yang dibawa oleh guru

  Kegiatan Inti
1.      Memberikan penjelasan tentang makna  seni rupa terapan, dilanjutkan dengan diskusi kelompok dan pengamatan melalui model untuk mecari ciri-ciri seni rupa terapan
2.      Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi dan pengamatannya di depan kelas dan dilakukan secara klasikal untuk mencari kesimpulan.
3.      Memberikan penjelasan tentang makna  seni rupa terapan melalui bentuk 2 dimensi, dilanjutkan dengan diskusi kelompok dan pengamatan melalui model untuk mecari ciri-ciri seni rupa terapan
4.      Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi dan pengamatannya di depan kelas dan dilakukan secara klasikal untuk mencari kesimpulan.
5.      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami
6.      Mengarahkan siswa untuk menulis komentar tentang karya dalam film tersebut komentar
☺ Kegiatan Akhir

1.       Memberikan tugas membuat laporan hasil diskusi dan pengamatan untuk setiap kelompok
2.       Mengerjakan soal-soal uji kompetansi.
3.       Memberikan tugas membawa contoh karya seni rupa dua dimensi karya seni rupa terapan sederhana

V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III
·         Standar Isi 2006
  • Majalah seni rupa
  • Pengantar Seni Rupa
·         Model Karya seni rupa tiga dimensi
·         Gambar dan foto karya seni rupa

VI.   Penilaian

  Aspek yang dinilai

-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi.

-    Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan.



   Bentuk penilaian
a.       Tes tertulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan.
b.       Unjuk kerja : melakukan kegiatan diskusi dan pengamatan
c.        Produk (hasil kerja) : laporan tertulis dari tugas.







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: IV (empat) / I (satu)
Pertemuan Ke
: 3 – 4
Alokasi Waktu
: 4 x 35’

Standar Kompetensi
SENI RUPA
 1.  Mengapresiasi Karya Seni rupa

Indikator :
  • Menjelaskan fungsi seni rupa terapan yang ada di Indonesia
  • Menjelaskan  fungsi seni rupa terapan dari manca Negara.
  • Menyampaikan pendapat tentang keartistikan sebuah karya seni rupa terapan.
  • Menanggapi kesesuaian bentuk , dan keserasian dalam seni rupa terapan.
  • Membuat gambar dengan motif batik dengan memperhatikan sisi artistiknya.
  • Memberi tanggapan pada hasil karya sendiri maupun orang lain.
  • Memajang hasil karya  seni rupa terapan pada tempat yang tepat.

I.   Tujuan Pembelajaran
  • Melalui literature di perpustakaan , siswa  menunujukkan contoh-contoh seni rupa terapan yang ada di Indonesia.
  • Melalui media informasi yang lain, siswa mencari data tentang fungsi seni rupa dari manca Negara.
  • Melalui pengamatan model yang diperlihatkan guru, siswa menyampaikan apresiasinya terhadap keartistikan sebuah karya seni rupa terapan.
  • Menjelaskan kesesuaian bentuk dan keserasian dalam seni rupa yang diamati.
  • Melalui contoh dan bimbingan guru, siswa membuat karya seni rupa berupa gambar dengan motif batik tulis yang dikerjakan dalam buku gambar.
  • Menyampaikan tanggapan / apresiasi terhadap karya seni rupa hasil sendiri maupun orang lain.
  • Memamerkan dan memajang hasil karya seni rupa agar dapat dinikmati/ diapresiasi oleh orang lain.

II.   Materi Ajar
c.  Fungsi Seni Rupa terapan
d.  Nilai Artistik sebuah karya seni rupa

III.   Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
4. Tes tertulis dan lisan

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
  Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Memeriksa tugas
  Kegiatan Inti
1.       Memberikan penjelasan materi kepada siswa
2.       Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
3.       Memperlihatkan contoh referensi dari gambar-gambar yang sudah ada
4.       Mengarahkan siswa untuk membuat laporan hasil dari diskusi dan pengamatan gambar
☺ Kegiatan Akhir
1.       Memeriksa hasil laporan kelompok
2.       Tugas membawa alat gambar, dan benda tiga dimensi untuk pertemuan berikutnya (ke-5)

V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III
·         Standar Isi 2006
  • Majalah seni rupa
  • Pengantar Seni Rupa
·         Gambar dan foto karya seni rupa
·         Alat gambar

VI.   Penilaian
  Aspek yang dinilai

-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi, dan melaporkan hasil praktikum.

-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan membuat gambar. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menggambar.


  Bentuk penilaian
a.       Tes tertulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan.
b.       Unjuk kerja : melakukan kegiatan menggambar.
c.        Produk (hasil kerja) : gambar.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: IV (empat) / I (satu)
Pertemuan Ke
: 5 – 6 
Alokasi Waktu
: 6 x 35’

Standar Kompetensi
SENI RUPA
2. Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni Rupa         

Indikator :
  • Menjelaskan bentuk dasar dalam menggambar.
  • Menjelaskan factor-faktor  dalam menggambar ilustrasi.alam
  • Membuat gambar dengan motif manusia.
  • Membuat gambar dengan motif binatang.
  • Membuat gambar dengan motif tumbuhan ( bunga dan buah).
  • Mendokumentasikan hasil karya sendiri dengan baik.
  • Mengumpulkan hasil karya setiap individu untuk diberi tanggapan secara tertulis maupun lisan.
  • Memajangkan/ memamerkan hasil karya gambar ilustrasi dengan tema alam di depan kelas/ majalah dinding.

I.   Tujuan Pembelajaran
  • Melalui pengamatan, pemberian contoh dari guru, siswa menjelaskan bentuk dasar dalam menggambar.
  • Melalui Tanya jawab, siswa menjelaskan factor-faktor dalam menggambar ilustrasi alam.
  • Dengan eksperimen, siswa berani mencoba membuat gambar dengan motif manusia, binatang, dan tumbuhan.
  • Mengumpulkan dan menyimpan hasil karya  ilustrasi alam buatan sendiri dengan baik.
  • Memberi tanggapan terhadap hasil karya sendiri maupun orang lain untuk menumbuhkan apresiasi seni terutama seni rupa sedini mungkin.
  • Mengumpulkan hasil karya seni rupa ilustrasi alam untuk mengadakan pameran hasil karya.

II.   Materi Ajar
e. Gambar ilustrasi/ kreatif dalam menggambar.

III.   Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Praktik
3. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
4. Tes tertulis dan lisan

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
  Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Memeriksa tugas
  Kegiatan Inti
1.       Memberikan penjelasan materi kepada siswa
2.       Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
3.       Mengarahkan siswa untuk menggambar dengan pola motif manusia, binatang, dan tumbuhan.
☺ Kegiatan Akhir
1.       Memeriksa hasil karya siswa
2.       Tes unjuk kerja

V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls III
·         Standar Isi 2006
·         Model Karya seni rupa tiga dimensi
·         Gambar dan foto karya seni rupa
  • Majalah seni rupa
  • Pengantar Seni Rupa
  • Bahan dan alat yang digunakan: malam, sabun, pisau/catter

VI.   Penilaian
  Aspek yang dinilai
-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi, dan melaporkan hasil praktikum.
-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan membuat gambar. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menggambar.


  Bentuk penilaian
1.       Tes tertulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan.
2.       Unjuk kerja : melakukan kegiatan praktik
3.       Produk (hasil kerja) : gambar dua dimensi.


0 Response to "RPP DAN SILABUS SENI BUDAYA DAN KESENIAN (SBK) KELAS 4 SD BERKARAKTER SEMESTER 1"

Post a Comment