iklan

CONTOH SKRIPSI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER SISTEM INFORMASI PENJUALAN SEPEDA MOTOR BERBASIS WEB PADA CITRA MOTOR LUBUKLINGGAU



BAB I
                                                PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Penelitian
Internet adalah istilah yang tidak asing lagi, dimana jaringan ini berkembang begitu pesat. Salah satu media yang tersebar di internet adalah adalah website. Pada awalnya website hanya digunakan untuk menyampaikan informasi secara online, namun sekarang website telah menunjang aktivitas bisnis, seperti e-commerce, e-marketing, online transaction dan lainya.
Keberadaan internet telah menghadirkan nuansa tersendiri ditengah masyarakat, karena selalu  mengikuti  kemajuan  teknologi.  Penambahan  fasilitas demi menambah kepuasan pelanggan menjadi sisi yang ditonjolkan. Hal ini tentu saja semakin memantapkan posisinya sebagai bagian integral maysrakat. Ia telah menjadi  bagian  hidup  masyarakat  masa  kini,  bukan  hanya  sebagai  rujukan informasi, tetapi juga gaya hidup dan kebudayaan.
Citra Motor Lubuklinggau yang bergerak di bidang penjualan motor dan bertempat di kota Lubuklinggau saat ini mengalami kesulitan dalam mengembangkan penjualan maupun promosi, dikarenakan Citra Motor Lubuklinggau masih menggunakan sistem penjualan  dan  promosi  yang  masih  konvensional  (direct  selling)  dalam  arti pelanggan  masih  harus  datang  ke  tempat  penjualannya  langsung  dan  sistem promosi yang hanya dengan menyebarkan brosur, walau pun sudah berjalan baik di kota Lubuklinggau tetapi ini tidak optimal untuk di zaman sekarang  ini, karena tidak   semua   kalangan   dapat   menerima   informasi   mengenai  Citra Motor Lubuklinggau ini, jelas ini sangat mempengaruhi penjualan produk Citra Motor Lubuklinggau.
Dikarenakan sistem penjualan yang masih konvensional Citra Motor Lubuklinggau berkeinginan untuk mengembangkan sistem penjualan dan promosi yang lebih baik, lebih menguntungkan, lebih efisien, dan efektif   untuk   wilayah   Lubuklinggau, maka   penulis   memberikan   solusi   dengan membuat  sebuah  aplikasi  penjualan  barang  dan  promosi  yang  berbasis  web. Seperti yang telah diterangkan diatas yaitu dengan memanfaatkan internet sebagai sarana   untuk   menjual   produk   dan   promosi,   dengan   harapan   Citra Motor Lubuklinggau lebih dikenal dan produknya lebih diminati oleh masyarakat Lubuklinggau khususnya dan oleh para pengguna internet umumnya.
Berdasarkan  pemikiran  dan latarbelakang  masalah di atas, maka penulis tertarik untuk mengambil tugas akhir dengan judul “SISTEM INFORMASI PENJUALAN SEPEDA MOTOR  BERBASIS WEB PADA CITRA MOTOR LUBUKLINGGAU”.
1.2 Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dijelaskan diatas, maka penulis mengidentifikasikan masalah yang berhubungan dengan sistem ini, yaitu:
1.    Sistem penjualan motor yang sedang berjalan sekarang masih menggunakan cara manual.
2.    Sistem pemasaran produk yang masih sangat terbatas.
3.    Keterbatasan waktu dan tempat pelayanan pembelian motor.

1.3 Perumusan Masalah
Bagaimana Merancang Suatu Sistem Informasi Penjualan Sepeda Motor Berbasis Web pada Citra Motor Lubuklinggau, agar bisa mempermudah dalam sistem informasi penjualan dan dikenal oleh masyarakat luas dan khususnya pengguna internet.

1.4 Batasan Masalah
Pada Penulisan Skripsi ini penulis membatasi masalah hanya pada sistem informasi penjualan Sepeda Motor pada Citra Motor Lubuklinggau dengan menggunakan PHP dan MySQL. Agar  masalah  yang diteliti  tidak  keluar  dan menyimpang  maka penulis membatasi  masalah  mengenai  penjualan online pada Citra Motor, sebagai berikut :
1.    Dalam sistem ini hanya menyajikan informasi mengenai produk-produk yang dijual pada Citra Motor.
2.    Sistem  pembayaran  yang  dipakai  dalam  program  aplikasi  ini  Citra Motor  menggunakan   “Sistem  transfer  bank”  dengan  cara customer mentrasfer uang dari bank yang dimiliki konsumen ke rekening bank yang  dimiliki  Citra Motor.

1.5 Tujuan Penelitian
Tujuan penulis melakukan penelitian pada Citra Motor adalah untuk membuat sebuah program aplikasi penjualan secara online, sehingga dapat meningkatkan jumlah penjualan pada produknya. Sedangkan tujuan penulis melakukan penelitian terhadap penjualan barang pada Citra Motor adalah :
1.    Untuk  mengetahui  sistem  yang  sedang  berjalan  pada  Citra Motor.
2.    Untuk membuat perancangan program aplikasi penjualan motor yang berbasis web pada Citra Motor.
3.    Untuk menganalisis dan pengujian program pada Citra Motor.
4.    Untuk  mengimplementasikan  program  penjualan  sepeda motor  yang berbasis web pada Citra Motor.
  1. Sebagai syarat untuk menyelesaikan program studi Strata Satu (S.1) jurusan Sistem Informasi pada Sekolah Tinggi Manajemen dan Ilmu Komputer Musi Rawas (STMIK MURA) Lubuklinggau.

1.6 Manfaat Penelitian
Manfaat Penelitian dibagi menjadi tiga yaitu :
1.    Bagi Citra Motor Lubuklinggau
Dapat  menjadi  solusi  bisnis  yang  bisa  berguna  dalam  pengelolaan data transaksi secara lebih baik, walaupun dalam skala yang lebih kecil, dan dapat menjadi sistem penjualan dan promosi yang lebih baik, lebih menguntungkan, lebih efisien, dan efektif untuk  wilayah Lubuklinggau. Seperti yang telah diterangkan diatas yaitu dengan memanfaatkan internet sebagai sarana   untuk   menjual   produk  dan promosi, dengan   harapan Citra Motor Lubuklinggau lebih dikenal dan produknya lebih diminati oleh masyarakat Lubuklinggau khususnya dan oleh para pengguna internet umumnya.

2.    Bagi Lembaga
Sebagai kajian dalam membandingkan  antara teori yang di dapat di perkuliahan dan dilapangan, sebagai acuan antara referensi bagi pembaca dan penulis selanjutnya dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan dapat menambah wawasan dan sumber informasi bagi penulis sendiri.

3.    Bagi Penulis
Mengembangkan ilmu dari yang telah di pelajari serta mengembangkannya dalam menyelesaikan masalah pada kegiatan penjualan dan pemesanan yang berada pada Citra Motor. Penulis berharap semoga apa yang telah penulis lakukan selama perancangan sistem pengelolaan  transaksi  penjualan  Citra Motor  ini bisa  menjadi  sebuah pengalaman dan tambahan wawasan dalam konsep pengembangan sistem informasi  khususnya. Diharapkan  pula ini akan  menjadi  awal dari cita-cita penulis untuk lebih mendalami keilmuan yang dimiliki.

1.7. Sistematika Penulisan
                 Sistematika penulisan skripsi ini terdiri dari lima bab, dan tiap-tiap bab terdiri dari beberapa subbab yaitu :
        BAB I      PENDAHULUAN
Menjelaskan latar belakang, identifikasi masalah, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan sistematika penulisan.

        BAB II     TINJAUAN PUSTAKA
Membahas mengenai dasar-dasar teori yang mendukung dalam penulisan skripsi yang meliputi landasan teori, kerangka pemikiran, dan hipotesis.
        BAB III    METODOLOGI PENELITIAN
Bab ini mengurai tentang waktu dan tempat penelitian, sumber dan teknik pengumpulan data, alat dan bahan, metode analisis dan desain sistem, metode atau teknik pengujian sistem, serta hasil analisis dan desain sistem.
        BAB IV    HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Bab ini menguraikan tentang hasil dari penelitian yang dicapai, menjelaskan kerja sistem, implementasi sistem, dan pembahasan hasil sistem yang baru.
        BAB V     KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini menjelaskan kesimpulan dan saran yang berguna bagi kemajuan dan perkembangan sistem.



BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Landasan Teori
2.1.1     Pengertian Sistem
Sistem adalah kumpulan dari bagian-bagian yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama (Hanif Al Fatta, 2007:3).
Sistem adalah jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama untuk melakukan suatu kegiatan atau menyelesaikan suatu sasaran tertentu (Andri Kristanto, 2008:1).
Dari pengertian diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa, sistem merupakan kumpulan komponen-komponen atau elemen-elemen yang saling berintegrasi dan bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan.

2.1.2     Pengertian Informasi
Informasi adalah data yang diolah menjadi  bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya dan bermanfaat dalam pengambilan keputusan pada saat ini atau dimasa yang akan datang (Davis, 2000; Hanif Al Fatta, 2007:9).
Informasi adalah kumpulan data yang telah diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya (Andri Kristanto, 2008:7).
Berdasarkan pendapat tersebut, dapat disimpulkan bahwa informasi adalah kumpulan data yang telah diolah dan memiliki nilai tambah sehingga menjadi lebih berarti dan lebih berguna bagi penerimanya.

2.1.3     Pengertian Sistem Informasi
            Sistem Informasi adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi (Abdul Kadir, 2003:15).
            Sistem Informasi adalah sekumpulan dari prosedur organisasi yang pada saat dilaksanakan akan member informasi bagi pengambil keputusan dan atau untuk mengendalikan organisasi (Andri Kristanto, 2008:13).
            Dari pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa sistem informasi adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama untuk mengumpulkan data, diproses menjadi informasi, dan di distribusikan kepada pemakai atau suatu sistem yang mengubah atau memproses data menjadi informasi sehingga dapat berguna dalam pengambilan suatu keputusan.
2.1.4     Pengertian Penjualan
Menurut Kotler (2006:457), penjualan merupakan sebuah proses dimana kebutuhan pembeli dan kebutuhan penjualan dipenuhi, melalui antar pertukaran informasi dan kepentingan. Jadi konseppenjualanadalah cara untuk mempengaruhikonsumen untuk membeli produk yangditawarkan.
Jadi konsep penualan adalah cara untuk mempengaruhi konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan. Dalam kenyataannya penjualan mempunyai dua sistem yang biasa diterapkan oleh suatu perusahaan dagang yaitu penjualan yang dilakukan dengan cara tunai dan penjualan yang dilakukan menggunakan cara kredit atau sering disebut cara angsuran.

2.1.5     Pengertian Basis Data (Database)
Database adalah sebuah bentuk media yang digunakan untuk menyimpan sebuah data, atau dapat diilustrasikan sebagai gudang tempat penyimpanan berbagai data (Bunafit Nugroho, 2004: 168).
Database adalah suatu pengelolaan data dalam media eksternal yang memungkinkan seseorang dengan mudah menyimpan data dan menggunakannya ketika data tersebut diperlukan (Abdul Kadir, 2009:224).
Dari pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa database adalah kumpulan data yang saling berhubungan dan disimpan didalam media penyimpanan elektronik sedemikian rupa sehingga tidak terjadi pengulangan.

2.1.6     Web Server
Web server  adalah  suatu software yang bertindak melayani pengaksesan aplikasi web. Contoh software yang berfungsi sebagai web server antara lain Apache, IIS, dan Xitami (Abdul Kadir, 2009).
Web browser seperti expoler atau navigator berkomunikasi melalui jaringan (termasuk jaringan internet) dengan web server, menggunakan HTTP browser akan mengirimkan request kepada server untuk meminta dokumen tertentu atau layanan yang disediakan oleh server.Server memberikan dokumen atau layanannya jika tersedia juga dengan menggunakan protokol HTTP.
2.1.7     Web Browser
Web browser adalah sebuah aplikasi perangkat lunak untuk melintasi, mengambil, dan menyajikan sumber informasi di world wide web (Abdul Kadir, 2009).






2.1.8     Hyper Text  Markup Language ( HTML )
HTML(Hyper Text Markup Language) adalah suatu bahasa pemrograman dalam bentuk skrip yang dapat digunakan untuk menyusun halaman web (Abdul Kadir, 2009).
Struktur Dasar HTML :
a.    Setiap dokumen HTML harus diawali dengan menuliskan tag <html> dan tag </html> diakhir dokumen.Tag ini menandai elemen HTML, yang berarti dokumen HTML dalam suatu dokumen hanya ada satu elemen HTML.
b.    Section atau elemen head ditandai dengan tag <head> diawal dan tag </head> diakhir, di dalamnya berisi informasi tentang dokumen htmlnya.Minimal informasi yang dituliskan dalam elemen ini adalah judul dari dokumen, judul ini akan ditampilkan pada caption bar dari window browser di tandai dengan menggunakan tag <title> dan diakhiri dengan </title>
c.    Section  atau  elemen  body  ditandai  dengan  tag  <body>  diawal  dan  tag </body> diakhir.Elemen ini berisi dokumen yang akan ditampilkan pada browser meliputi paragraf, grafik, link, tabel dan sebagainya.Section body merupakan elemen terbesar di dalam dokumen HTML.



2.1.9     Apache Web Server
Apache web server adalah suatu aplikasi atau perangkat lunak yang digunakan untuk bertindak melayani pengaksesan aplikasi web (Abdul Kadir, 2009).
Apache berada dibawah GNU, General public(lisensi yang bersifat free) sehingga apache dapat di download gratis pada alamat http://www.apache.org Saat ini apache banyak digunakan sebagai web server untuk portal-portal besar dengan pertimbangan sebagai berikut:
a.    Apache termasuk ke dalam kategori free software (software gratis)
b.    Instalasi apache sangat mudah.
c.    Mampu beroperasi pada banyak platform system operasi seperti AUX 3.1, free BSD, Linux, solaris, windows, dan lain-lain.
d.    Mudah dalam pengkofigurasian karena apache hanya mempunyai empat titik konfigurasi.
e.    Apache mudah dalam penambahan peripheral lainnya ke dalam platform web server, misalkan menambah modul.

2.1.10  PHP (Personal Home Page)
PHP (Personal Home Page) adalah sebuah piranti yang dapat dipakai untuk membuat aplikasi berbasis website. Aplikasi web adalah aplikasi yang dijalankan melalui browser (Abdul Kadir, 2009).
PHP adalah kependekan dari Hypertext Preprosessor, PHP merupakan bahasa scripting yang menyatu dengan HTML dan berada di  server  (server-side  HTML-embedded  Scripting).Artinya  sintaks  dan perintah-perintah yang diberikan akan sepenuhnya dijalankan di server tetapi disertakan  pada  halamn  HTML  biasa. Bahasa  PHP  yang  mempunyai  kemiripan dengan bahasa C dan perlu memilki kelebihan yang tidak dimiliki oleh bahasa, bahasa pemograman sejenisnya, diantaranya adalah :
a.    PHP mudah dibuat dan dijalankan, maksudnya php dapat berjalan dalam web server apapun dan dapat dijalankan dengan sistem operasi yang berada seperti windows dan Unix.
b.    PHP bersifat efisien, karena hanya memerlukan resource sistem yang sangat sedikit dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya.
c.    PHP   dapat   menggunakan   beberapa   database   seperti   MySQL,   Sybase, Interbase, Oracle, Ms.SQL, Server, Microsoft Acces, Data base dan lainnya.

2.1.11  MySQL
MySQL adalah sebuah program database server yang mampu menerima dan mengirimkan data dengan sangat cepat, bersifat multi user, serta menggunakan perintah standar SQL (Bunafit Nugroho, 2004).
MySQL adalah multiuser database yang merupakan suatu relational database management system (RDBMS) client atau server yang berbasis SQL buatan T.C.X data consultab AB, swedia. Database MySQL tidak membutuhkan ruang hardisk yang besar untuk aplikasinya, dan mudah digunakan pada database server sangat ideal untuk aplikasi kecil dan menengah.
Alasan digunakannya MySQL sebagai database server:
a.    Mendukung digunakannya MySQL sebagai database server.
b.    Dukungan standar yang telah ada.
c.    Mampu membuat table berukuran sangat besar.
d.    Kecepatan,kehandalan dan kemudahan dalam penggunaannya.

2.1.12  Adobe Dreamweaver
Adobe Dreamweaver merupakan salah satu program aplikasi yang digunakan untuk membangun sebuah website, baik secara grafis maupun dengan menuliskan kode sumber secara langsung.Adobe Dreamweavermemudahkan pengembang website untuk mengelola halaman-halaman website dan aset-asetnya, baik gambar (image), animasi flash, video, suara dan lain sebagainya. Selain itu, Adobe Dreamweaver juga menyediakan fasilitas untuk melakukan pemrograman scipting, baik ASP (Active Server Page), JSP (Java Server Page), PHP (PHPHypertext Preprocessor),JavaScript (js), Cold Fusion, CSS (Cascading Style Sheet), XML (Extensible Markup Language) dan lainya (Shortcouse,2010).

2.1.13  XAMPP For Windows
Menurut Bunafit Nugroho ( 2005 ) Xammp merupakan paket PHP yang berbasis open source yang dikembangkan oleh sebuah komunitas open source.
Dengan menginstall XAMPP maka tidak perlu lagi melakukan instalasi dan konfigurasi web server Apache, PHP dan MySQL secara manual. XAMPP akan menginstalasi dan mengkonfigurasikannya secara otomatis untuk anda atau auto konfigurasi. Versi XAMPP yang ada saat ini adalah Versi 1.4.14 atau yang terbarunya anda bisa download pada http://www.apachefriends.org/en/xampp-window.html.
Software XAMPP versi ini terdiri atas:
a. Apache versi 2.0.54
b. MySQL versi 4.1.12
c. PHP versi 5.0.4
d. phpMyAdmin versi 2.6.2-p11 dan lain-lain
2.2 Flowchart
Flowchart adalah gambar simbo-simbol yang digunakan untuk menggambarkan urutan proses atau intruksi-intruksi yang terjadi didalam 

NB : INGIN VERSI LENGKAPNYA,,, SILAHKAN SOBAT REQUEST DIKOLOM KOMENTAR
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "CONTOH SKRIPSI MANAJEMEN DAN ILMU KOMPUTER SISTEM INFORMASI PENJUALAN SEPEDA MOTOR BERBASIS WEB PADA CITRA MOTOR LUBUKLINGGAU"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top