iklan

SKRIPSI KOMPUTER DAN INFORMATIKA PROGRAM APLIKASI KEARSIPAN PADA PT MULTIFILING MITRA INDONESIA-CIKARANG DENGAN DELPHI 0.6



"SKRIPSI KOMPUTER DAN INFORMATIKA"
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Dewasa ini, informasi menjadi kebutuhan mutlak bagi setiap organisasi, baik organisasi pemerintah maupun swasta. Keseluruhan kegiatan organisasi pada dasarnya membutuhkan informasi. Oleh karena itu, informasi menjadi bagian yang sangat penting untuk mendukung proses kerja administrasi dan pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen dari birokrasi didalam menghadapi perubahan situasi dan kondisi yang berkembang dengan cepat. Salah satu sumber informasi yang penting supaya dapat menunjang proses kegiatan administrasi adalah arsip.
Sebagai rekaman informasi dari seluruh aktivitas organisasi, arsip berfungsi sebagai pusat ingatan, alat bantu pengambilan keputusan, bukti eksistensi organisasi dan untuk kepentingan organisai yang lain. Berdasarkan fungsi arsip yang sangat penting tersebut maka harus mempunyai menajeman atau pengelolaan arsip yang baik sejak penciptaan arsip sampai dengan penyusutan.

Pengelolaan arsip secara baik yang dapat menunjung kegiatan administrasi agar lebih lancar seringkali diabaikan dengan berbagai macam alasan. Berbagai kendala seperti kurangnya tenaga arsiparis maupun terbatasnya sarana dan prasarana selalu menjadi alasan buruknya pengelolaan arsip di hampir sebagian besar instansi pemerintah maupun swasta. Kondisi semacam
itu kurang memberikan dukungan dengan image yang selalu menempatkan bidang kearsipan sebagai “bidang pinggiran” diantara aktivitas-aktivitas kerja lainnya. Realitas tersebut dapat dilihat dalam berbagai kesempatan diskusi dan seminar bidang kearsipan yang senantiasa muncul keluhan dan persoalan klasik seputar tidak diperhatikannya bidang kearsipan suatu instansi atau organisasi, pimpinan yang memandang sebelah mata tetapi selalu ingin pelayanan cepat dan tentu saja persoalan tidak sebandingnya insentif yang diperoleh pengelola kearsipan dengan beban kerja yang ditanggungnya. Problema-problema tersebut tentu sangat memprihatinkan, karena muaranya adalah pada citra yang tidak baik pada bidang kearsipan. Padahal bidang inilah yang sangat mendukung dalam kerangka kerja suatu administrasi. Tertib administrasi yang diharapkan hanya akan menjadi “omong kosong” apabila tidak dimulai dari tertib kearsipannya.
Dipandang dari nilai pentingnya arsip, semua orang akan mengatakan penting atau sangat penting bahkan seorang pakar kearsipan mengungkapkan bahwa dunia tanpa arsip adalah dunia tanpa memori, tanpa kepastian hukum, tanpa sejarah, tanpa kebudayaan dan tanpa ilmu pengetahuan, serta tanpa identitas kolektif. Tetapi tidak dengan sendirinya arsip-arsip akan menjadi memori, kebudayaan, jaminan kepastian hukum, bahkan pembangun identitas kolektif suatu bangsa jika tidak diikuti dengan upaya pengelolaan arsip secara baik dan benar serta konsisten memandang dan menempatkan arsip sebagai informasi lebih dari sekedar by product kegiatan organisasi. Arsip memang bukan hanya sekedar hasil samping dari kegiatan organisasi, arsip diterima

dan diciptakan oleh organinasi dalam rangka pelaksanaan kegiatan dan disimpan sebagai bukti kebijakan dan aktivitasnya.
Sebagai salah satu sumber informasi arsip memiliki banyak fungsi yang signifikan untuk menunjang kegiatan administratif dan fungsi-fungsi manajemen, disamping sebagai sumber primer bagi para peneliti. Semakin pentingnya keamanan arsip banyak perusahaan-perusahaan memilih jasa-jasa penyimpanan arsip sebagai alat untuk menyimpan arsip mereka agar lebih aman dan tidak memerlukan tempat yang luas di perusahaan mereka.
PT Multifiling Mitra Indonesia adalah salah satu dari penyedia jasa pengelolaan arsip atau dokumen organisasi (Outsourcing Vendor). Adapun jasa yang diberikan oleh PT Multifiling Mitra Indonesia meliputi Pengelolaan Kearsipan Modern (Modern Archives Management) dan Jasa Alih Media (Business Imaging Senfices), dimana PT Multifiling Mitra Indonesia melaksanakan keseluruhan proses kearsipan dari mulai seleksi arsip, penyimpanan sampai dengan perawatan.
Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa penyimpanan arsip PT Multifiling Mitra Indonesia telah mengembangkan beberapa teknik dalam penyimpanan data baik Pengelolaan Kearsipan Modern (Modern Archives Management) dan Jasa Alih Media (Business Imaging Senfices). Untuk kemudahan dalam pengelolaan dan kinerja kearsipan modern dan Jasa Alih Media PT Mulitifiling Mitra Indonesia menggunakan program-program aplikasi di setiap departementnya dianataranya departement Warehouse yang menggunakan Aplikasi RMS (Record Management Service), PT Multifiling

Mitra Indonesia banyak mengembangkan program-program aplikasi data entry, program ini untuk memperjelas lalulintas arsip yang keluar masuk PT Multifiling Mitra Indonesia. Fungsi dan keguanaan program aplikasi disesuaikan dengan masing-masing devisi. Penulis berada pada departement Warehouse, pada departement ini program aplikasi yang digunakan adalah RMS ( Record Management Service ), fungsi dari RMS untuk mangatur lalu lintas arsip dengan cakupan Bok dari setiap customer. Lain dengan FIF ( Federal International Finance ), customer ini cara penyimpananya perbok, tetapi peminjamanya perarsip, arsip tersebut berupa arsip kontrak. Berhubung cara penyimpanan perbok dan peminjaman perarsip maka proses pencarian lokasinya membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Hal itu dikarenan sebelum diketahui kode lokasi pemakai harus mengatahui kode lokasinya dulu. Untuk mengetahui kode lokasi pemakai harus mengetahui Kode MMInya dulu,dan untuk mengetahui kode MMI pemakai harus melihat RA ( Regristation Arsip).
Untuk itu penulis mencoba memecahkan masalah tersebut dengan membuat Progam Aplikasi Kearsipan untuk customer FIF. Program aplikasi ini akan mempercepat pencarian arsip. Pemakai cukup memasukan kode customer, nomer kontrak dan periode, secara langsung akan mendapatkan kode MMI dan kode Lokasi. Progam Aplikasi kearsipan selain untuk mempermudah pencarian arsip dan membuat laporan peminjaman, juga untuk mengetahui status arsip yang dipinjam.

B. Maksud dan Tujuan Penulisan Skripsi
1. Maksud Penulisan Skripsi:
a. Untuk menerapkan Ilmu yang telah penulis dapat selama menjadi Mahasiswa STMIK Pranata Indonesia terhadap lingkungan perusahaan.
b. Guna memenuhi salah satu syarat dalam rangka meraih gelar sarjana pada program Strata Satu (S1) jurusan Teknik Informatika (TI) STMIK Pranata Indonesia di Bekasi.
2. Tujuan Penulisan Skripsi:
a. Dapat memberi masukan kepada pihak perusahaan dalam memperbaiki sistem yang sedang berjalan agar lebih efektif dan efisien.
b. Dapat menerapkan teori yang didapat selama menjadi mahasiswa STMIK Pranata Indonesia di bekasi.
c. Membuat Program Aplikasi Kearsipan.
d. Menginformasikan kode MMI dan kode lokasi kepada pemakai.
C. Metode Penetelitian
Dalam penyusunan skripsi ini, metode yang digunakan penulis adalah metode Deskritif. Metode Dekritif adalah metode penelitian dengan kunjungan langsung ke objek yang ingin penulis teliti, sedangkan teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah:
6
1. Studi Lapangan:
a. Observasi
Dari beberapa pengamatan yang penulis temukan dilapangan kemudian penulis mencoba untuk membuat progam aplikasi kearsipan
b. Wawancara
Melakukan tanya jawab secara langsung kepada pihak perusahaan dan mengambil data-data dari perusahaan.
2. Studi Pustaka
Mempelajari teori yang terdapat dalam istilah-istilah yang digunakan perusahaan melalui berbagai sumber seperti buku-buku, diktat, Catatan Kuliah, fasilitas Internet dan sumber-sumber lain sebagai penunjang dalam penganalisaan masalah dalam perusahaan.
D. Fungsi Penelitian
Dengan melakukan penelitian secara langsung penulis dapat mengetahui masalah yang sebenarnya. Hal ini sangat berpengaruh terhadap program aplikasi yang akan dibuat. Sehingga menghasilkan informasi yang benar-benar dibutuhkan. Dapat mengurangi masalah yang sering timbul selama masih manual.
7
E. Ruang Lingkup Permasalahan
Dalam penulisan skripsi ini, penulis membatasi masalah penyimpann arsip Kontrak pada Customer FIF di bagian warehouse. Sedangkan pembahasan penulis lebih ditekankan pada ruang lingkup masalah penyimpanan dan peminjaman file kontrak.
E. Sistematika Penulisan
Sebelum memulai dan merumuskan masalah yang terdapat dalam perusahaan sebagai pembahasan, terlebih dahulu di kemukakan sistematika penulisan yang dipergunakan dalam penulisan skripsi ini agar lebih terarah sesuai dengan tujuan yang dikehendaki. Adapun sistematika penulisan dari sripsi ini adalah sebagai berikut :
BAB I. PENDAHULUAN
Dalam Bab ini penulis mengemukakan gambaran keseluruhan latar belakang masalah, maksud dan tujuan penulisan skripsi, metode penelitian, batas dan ruang lingkup permasalahan, serta sistematika penulisan
BAB II. LANDASAN TEORI
Dalam bab ini, penulis mengemukakan teori-teori penunjang kearsipan dan juga akan dibahas sedikit tentang perangakatlunak yang digunakan, spesifikasi komputer yang digunakan seperti software dan hardware yang dibutuhkan, dan teori-teori lain


mengenai Teknik Informatika yang berhubungan dengan masalah yang akan dibahas dalam skripsi ini
BAB III. TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN
Yang akan dibahas pada bab ini menyangkut seputar sejarah singkat perusahaan, struktur organisasi, tugas dan tanggung jawab, analisa sistem, flowcart program aplikasi, analisa basis data, spesifikasi file dan lain sebagainya yang berkaitan dengan perusahaan tempat dimana penulis melakukan studi penelitian.
BAB IV SPESIFIKASI PROGRAM
Dalam bab ini penulis menjelaskan lebih konkrit lagi tentang desain yang akan ditampilkan (prototype) pada progam aplikasi pengolahan kearsipan tersebut, serta informasi apa saja yang akan dimuat di dalam program tersebut, juga hasil output listing program atau sintak-sintak yang digunakan dalam bahasa pemrograman tersebut.
BAB IV. PENUTUP
Dalam bab ini, penulis menyajikan tentang kesimpulan dan saran-saran terhadap skripsi ini.


NB : INGIN VERSI LENGKPANYA,,,SILAHKAN REQUEST DIKOLOM KOMENTAR.............
 
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "SKRIPSI KOMPUTER DAN INFORMATIKA PROGRAM APLIKASI KEARSIPAN PADA PT MULTIFILING MITRA INDONESIA-CIKARANG DENGAN DELPHI 0.6"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top