SKRIPSI KOMPUTER KOMPUTERISASI PENYEWAAN VCD FILM DI GAJAH DISC YOGYAKARTA



 "SKRIPSI KOMPUTER LENGKAP"
BAB I
PENDAHULUAN

1.1.  Latar Belakang Masalah
Dewasa ini  kebutuhan akan sarana hiburan semakin meningkat, salah satu bidang usaha yang mengelola sarana hiburan berupa persewaan vcd di Yogyakarta adalah Persewaan VCD Film di Gajah Disc Yogyakarta. Dengan meningkatnya konsumen yang membutuhkan pelayanan peminjaman vcd, maka makin banyak pula permasalahan yang timbul didalam memberikan pelayanan kepada konsumen. Karen system pelayanan yang diberikn oleh pihak pengelola sebagian besar dilakukan secara manual, sudah tentu cara tersebut tidak efisien baik dari segi tenaga maupun waktu.
Seorang jika ingin meminjam cd akan menunggu cukup lama karena untuk mengetahui cd yang akan dipinjam tersebut ada atau sedang keluar seorang karyawan akan mencari terlebih dahulu satu per satu dilemari penyimpanan. Begitu juga jika cd yang dipinjam akan dikembalikan oleh konsumen, karyawan akan mencari di daftar peminjaman satu per satu untuk mengetahui apakah pengembalian cd tersebut terlambat dikembalikan. Jika terlambat dikembalikan, perhitungan denda akan dilakukan secara manual. Dengan cara seperti ini sangat tidak efisien dilakukan saat sekarang.
Untuk mengatasi masalah tersebut maka diupayakan untuk menerapkan system komputerisasi penyewaan vcd, dengan harapan informasi yang mereka butuhkan dapat berjalan secara cepat dan benar.
Agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam system penyewaan vcd diperlukan alat Bantu atau sarana yang memdai, misalnya diperlukan alat pengolahan data berupa computer beserta perangkat pendukungnya dan kemampuan sumberdaya manusia. Dengan pertimbangan tersebut, penulis mencoba mengangkat kasus diatas kedalam system komputerisasi.

1.2.  Maksud
Pengolahan data peminjaman vcd di persewaan Gajag Disc masih dilakukan secara manual, sehingga informasi yang dibutuhkan oleh pemakainya terasa lambat. Untuk mengatasi masalah lambatnya informasi tersebut, maka pihak persewan menginginkan diadakannya komputerisasi data peminjaman. Adapun data peminjaman yang pengolahannya akan dikomputerisasikan meliputi data karyawan, data cd, data pinjam, data peminjam, data kembali, data denda dan data rusak atau hilang. Sehingga pelayanan dapat dilakukan dengan cepat dan efisien.

1.3.  Tujuan
Komputerisasi Penyewaan VCD di Gajah Disc Yogyakarta adalah suatu system aplikasi yang dibuat untuk menangani proses pengolahan data di Gajah Disc Yogyakarta. Dengan adanya system ini diharapkan dapat membantu konsumen dalam melakukan peminjaman atau pengembalian cd serta menyediakan informasi, sehingga pelayanan dapat dilakukan dengan cepat.

1.4.  Batasan Masalah
Dengan banyaknya permasalahan yang ada di penyewaan vcd Gajah Disc jogja khususnya dalam hal peminjaman cd film, maka dalam penulisan karya tulis ini dibatasi pada proses transaksi peminjaman dan pengembalian cd film, pemasukan data peminjam, pemasukan data cd dan denda keterlambatan serta beberapa informasi keluaran, yaitu laporan daftar cd, laporan junlah cd per judul cd, laporan daftar peminjam yang masih meminjam, laporan data peminjaman, laporan data pengembalian dan laporan denda.



BAB II
LANDASAN TEORI

2.1. Tinjauan Umum
Gajah Disc merupakan salah satu usaha persewaan VCD yang didirikan sebagai salah satu usaha pribadi yang berada di Jl. Gajah 48 tahunan jogjakarta Mengingat perkembangan dunia hiburan saat ini sangat pesat dan emakin bersaing antara usaha yang satu dengan yang lain, untuk persewaan VCD yang membutuhkan suatu kemajuan. Dalam perkembangan persewaan VCD selalu berusaha meningkatkan pelayanan terhadap konsumen, karena usaha ini tidak lepas dari peningkatan pelayanan terhadap pelanggan.
Untuk inilah Gajah Disc sebagai suatu usaha persewaan VCD berusaha untuk memberikan pelayanan dengan mengusahakan suatu system komputerisasi penyewaan VCD.
Jenis CD yang ditawarkan di Gajah Disc terdiri dari berbagai jenis diataranya adalah jenis film laga, komedi, horror, drama dan kartun. Harga sewa VCD yaitu Rp 2000 untuk satu VCD jenis kopian. Sedangkan Rp 2500 untuk jenis VCD asli (original) dan batas peminjmannya adalah 3(tiga) hari. Jika pengembalian VCD terlambat dari tanggal yang telah ditentukan maka akan dikenakan denda sebesar Rp 500 per hari dan jika ada VCD yang rusak ataupun hilang biaya untuk mengganti VCD berdasarkan tawar menawar antara pihak peminjam dan karyawan.



2.2. Tahapan Pengolahan Data
Pada tahapan ini semua data yang telah diolah secara manual akan direkam ke dalam computer. Kemudian akan dimuat table data yang mendukung dalam pengolahan data tersebut. Dalam tahapan ini dilakukan pembharuan data yang meliputi penambahan data, pengeditan data serta penghapusan data yang sudah tidak relevan lagi dengan keadaan sekarang. Ini dilkukan apabila data yang sudh ada tidak digunakan lagi karena sudah tidak sesuai dengan kondisi saat ini.

2.3. Tahapan Pembuatabn Laporan
Pada tahapan pembuatan laporan ini, data yang sudah dimasukkan kedalam table akan diolah atau digunakan untuk menghasilkan laporan yang diperlukan dan relevan dengan kebutuhan saat ini. Semua hasil laporan akan diperoleh dari table yang sudah disimpan dalam computer atau disc. Laporan atau informasi akan ditampilkan dilayar dan dapat dicetak ke kertas melalui printer.

2.4. Sekilas Tentang Delphi 7
Borland Delphi atau yang biasa disebut Delphi saja, merupakan sarana pemrograman aplikasi visual. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa pemrograman pascal atau yang kemudian disebut bahasa pemrograman Delphi. Delphi merupakan generasi penerus dari Turbo Pascal. Turbo Pascal yang diluncurkan pada tahun 1983 dirancang untuk dijalankan pada system operasi DOS. Sedangkan Delphi yang diluncurkan pertamakali tahun 1995 dirancang untuk beroperasi dibawah system operasi windows.
Delphi memiliki sarana yang tangguh untuk pembuatan aplikasi, mulai dari sarana pembuatan form, menu, toolbar, hingga kemampuan untuk menangani pengolahan basis data yang besar. Kelebihan-kelebihn yang dimiliki Delphi antara lain karena pada Delphi, form dan komponen-komponenny dapat dipakai ulang dan dikembangkan, maupun mengakses VBX, tersedia template aplikasi dan template form, memiliki lingkungan pengembangan visual yang dapat diatur sesuai kebutuhan, menghasilkan file terkompilasi yang berjalan lebih cepat, serta kemampuan mengakses data dari bermacam-macam format.
Dalam pembuatan aplikasi menggunakan Borland Delphi, kita akan sering bertemu dengan istilah-istilah yang biasa dipakai dalam lingkungan pemrograman visual, yaitu objek, property, dan event. Delphi menerapkan konsep aplikasi yang digerakkan oleh event. Dengan adanya sarana pemrograman visual yang even-driven, para pembuat apliasi sangat terbntu ketika menyediakan sarana antar muka bagi pemakai. Dengan demikian, harapannya ialah akan lebih berkonsentrasi pada penanganan masalah aplikasinya, bukan antarmukanya.
Disamping menggunakan konsep even-driven, Delphi juga menggunakan bahasa objek pascal didalam lingkungan pemrograman visual. Kombinasi ini menghasilkan sebuah lingkungan pengembangan aplikasi yang berorientasi objek. Dengan konsep seperti ini, maka pembuatan aplikasi menggunakan Delphi dapat dilakukan dengan cepat dan menghasilkan aplikasi yang tangguh.

NB: VERSI LENGKAPNYA AKAN DIKIRIMKAN KE E-MAIL SOBAT SEMUA, JADI TINGGALKAN E-MAILNYA DI KOLOM KOMENTAR..........................
 

0 Response to "SKRIPSI KOMPUTER KOMPUTERISASI PENYEWAAN VCD FILM DI GAJAH DISC YOGYAKARTA"

Post a Comment