SKRIPSI KOMPUTER PERANCANGAN DATA WAREHOUSE DALAM PENGOLAHAN DATA DI FRONT-OFFICE



"SKRIPSI ILMU KOMPUTER"

BAB I

PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang
Teknologi Informasi sekarang ini sangat dibutuhkan dalam banyak bidang, contohnya dalam sebuah perusahaan, Teknologi informasi dibutuhkan dalam mengolah, mengumpulkan dan menganalisa data,  sehingga  teknologi informasi sangat berperan penting dalam menganalisa hasil dan menentukan rencana kerja suatu perusahan.
Sistem informasi adalah sekumpulan fungsi yang bekerja secara bersama-sama dalam mengelola, mengumpulkan, menyimpan, memproses serta mendistribusikan informasi. Dalam dunia kerja mengolah sistem informasi harus dibuat semudah mungkin, sehingga user dapat menggunakan hasil dari sistem informasi secara mudah. Untuk itu, sistem informasi haruslah efisien, transparan dan terintegarsi. Untuk megolah suatu sistem informasi dibutuhkan salah satu komponen yaitu sistem informasi manajemen yang berbasis komputer yang dinamakan sistem basis data (database). Sistem basis data mempunyai peran penting sebagai tempat pusat penyimpanan data yang mendukung kegiatan operasional (Online Transactional Processing / OLTP). Sebuah sistem OLTP yang umum memiliki karakteristik seperti jumlah user yang sangat banyak yang secara serentak mengolah dan menambah data. Dalam hal ini, apabila banyak user yang melakukan pengolahan dan penambahan data akan membebani program, saat database berkembang semakin banyak dan kompleks, waktu respon akan semakin berkurang disebabkan bertumpuknya pemakaian sumber daya yang tersedia, sehingga untuk membuat suatu keputusan sangatlah susah dan membutuhkan waktu yang lama dan untuk membuat query satu persatu pada sumber data tidak praktis dan efisien, apalagi sumber data yang ada menyimpan current (arus data), sedangkan data yang dibutuhkan oleh para pembuat keputusan adalah data-data historis. Sebagai contoh data histori dibutuhkan pada pembuatan informasi mengenai transaksi setoran/tarikan dengan nominal tertentu per bulan per cabang, besaran rata-rata transaki per cabang per bulan, transaksi yang di-reverse, dan lain-lain. Dengan adanya masalah diatas maka data warehouse mempunyai solusi dalam mengolah data historis dari berbagai sumber data tersebut.
Data warehouse menyediakan sebuah interface gabungan terhadap data, sehingga query-query pendukung keputusan mudah ditulis. Data warehouse juga dapat menyimpan sumber data yang heterogen (data yang tersebar pada database Online Transactional Processing) dipindahkan ke data yang homogen, sehinggga dengan kemampuan akses data warehouse maka upaya untuk pendukung keputusan dapat diakses dengan cepat, efisien dan akurat.

1.2    Identifikasi Masalah
  Untuk membuat suatu keputusan seringkali menghadapi masalah dalam memperoleh dan mengolah informasi walaupun hasil inputan dari sistem yang ada telah lengkap, tapi menampilkan data yang banyak untuk mendukung suatu keputusan membutuhkan waktu yang lama dengan cara yang tidak efisien dan tidak semua user mempunya hak akses tersebut. Beberapa masalah yang penulis temukan adalah:
1.      Server aplikasi hanya menyimpan data transaksi tiga hari terakhir sehingga jika diperlukan data transaksi sebelumnya harus melakukan proses restore database terlebih dahulu.
2.      Bagaimana user bisa menemukan secara cepat tabel yang dibutuhkan? karena tabel bersifat heterogen.
3.      Bagaimana pembuatan laporan pendukung keputusan yang sifatnya kumulatif dan dapat diakses dalam waktu yang cepat, sehingga tidak menggangu jalannya proses operasional rutin?
4.      Bagaimana mengorganisir sumber data dengan baik sehingga untuk melakukan proses pengolahan data laporan tidak memerlukan waktu yang lama?
5.      Bagaimana cara mengolah struktur data antara tabel yang heterogen dan berbeda.?
6.      Bagaimana meningkatkan keamanan data tanpa merubah sistem yang ada? Jika terjadi perubahan dalam sistem akan memerlukan waktu yang lama dan akan menggangu jalannya proses opersional rutin.

1.3    Batasan Masalah
   Masalah yang akan dibahas adalah:
1.      Melakukan analisa strategi sistem pengolahan data di front-office (teller dan customer service) dengan menggunakan data warehouse dan teknologi Online Analytical Processing (OLAP).
2.      Pengembangan sistem basis data berbasiskan data warehouse dan Online Analytical Processing  (OLAP), sebagai salah satu penunjang dalam sistem pengambilan keputusan.
3.      Menampilkan data yang banyak berdasarkan bulan, tahun dalam bentuk tabel dan laporan untuk pendukung suatu keputusan
4.      Data merupakan data historis.
5.      Merubah tabel yang bersifat heterogen ke tabel yang bersifat homogen.
6.      Memvisualisasikan model data hasil analisa kedalam bentuk tabel dimension dan fact table.
7.      Memvisualisasikan model data hasil analisa ke dalam bentuk PivotTable / kubus (cube), berupa nilai numerik.
  1. Sistem pengujian aplikasi Data Warehouse yang dirancang dapat  menangani sejumlah record.

1.4    Maksud dan Tujuan Penelitian
   Maksud penelitian ini adalah membantu perusahaan (dunia bisnis) dalam menganalisa data historis aktivitas bisnisnya sehingga dapat membantu para pembuat keputusan dalam mengambil suatu keputusan dengan cepat dan benar.
    Tujuan penelitian ini adalah merancang program aplikasi Data Warehouse yang mampu memberikan analisa data dari database harian/transaksi, sebagai alternatif dalam pemecahan masalah-masalah untuk mendapatkan informasi yang benar.

1.5    Metode Penelitian
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu metode yang bertujuan untuk menggambarkan secara sistematis karakteristik tentang suatu keadaan pada waktu tertentu.
Adapun tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Identifikasi masalah
2.      Melakukan studi literatur tentang data warehouse dan Online Analytical Processing (OLAP)
3.      Analisis sistem data warehouse
4.      Studi pustaka tentang konsep database dan data warehouse..
5.      Mempelajari metode-metode yang digunakan untuk membangun sebuah aplikasi data warehouse sebagai bahan pengambilan keputusan.
6.      Analisis data transaksi harian pada suatu perusahaan, dan meringkas data-data tersebut menjadi data mart.
7.      Membuat aplikasi data warehouse menggunakan tools yang mendukung fasilitas data warehouse seperti Microsoft SQL Server 2000 dan PivotCubeX.
8.      Membuat interface menggunakan Microsoft Visual Basic 6.
9.      Menarik kesimpulan.

1.6    Sistematika Penulisan
  Adapun sistematika penulisan laporan hasil penelitian ini adalah sebagai berikut :
Bab I Pendahuluan membahas tentang latar belakang permasalahan, identifikasi masalah, batasan masalah, maksud dan tujuan penelitian dan sistematika penulisan laporan.
Bab II Landasan Teori membahas konsep-konsep yang dijadikan bahan penelitian yang memiliki keterkaitan dengan topik dan membahas mengenai teori-teori dasar dari data warehouse dan komponen yang mendukung teknologi Online Analytical Processing (OLAP).
Bab III Analisis dan Perancangan Sistem menggambarkan fokus permasalahan yang diangkat dalam studi kasus, dengan melihat model-model atau metode-metode yang dipilih untuk perancangan data warehouse dan penerapannya sebagai dasar sistem penunjang keputusan (decision support system).
Bab IV Hasil dan Pembahasan menjelaskan tentang contoh kasus perancangan data warehouse diantaranya proses pembuatan cube, demension, fact table dan bagaimana penggunaan landasan teori dan metode yang dipilih serta penerapannya dengan membuat model pemecahan masalah yang diimplementasikan pada program aplikasi.
Bab V Kesimpulan dan Saran berisi kesimpulan yang bisa ditarik terhadap hasil penelitian yang telah dilakukan dan beberapa saran yang diperlukan untuk pengembangan topik, dan untuk proses opersianal progaram aplikasi yang telah disajikan ini.

NBINGIN VERSI LENGKAPNYA...SILAHKAN SOBAT REQUEST DIKOLOM KOMENTAR.......................................

0 Response to "SKRIPSI KOMPUTER PERANCANGAN DATA WAREHOUSE DALAM PENGOLAHAN DATA DI FRONT-OFFICE"

Post a Comment