iklan

SKRIPSI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER RANCANGAN DAN IMPLEMENTASI KAMUS INDONESIA – ACEH



BAB I

PENDAHULUAN



1.1    Latar Belakang Masalah

            Komunikasi adalah salah satu bentuk Interaksi antara satu pihak dengan pihak yang pihak lain. Komunikasi antar manusia sering juga dilakukan  dengan dibantu oleh sebuah sarana yaitu bahasa. Karena manusia itu terdiri dari berbagai ragam suku dan bangsa maka beragam atau bermacam juga jenis dan dialek bahasa sehingga kadang kala ada satu suku atau bangsa yang sulit berkomunikasi dengan bangsa atau suku lain. Maka bahasa sangat memegang peranan penting dalam berkomunikasi terutama diluar komunitas kita.
            Dalam rentang waktu enam puluh  tahun sejak Sumpah Pemuda menegaskan makna bahasa Indonesia sebagai bahasa kebangsaan Indonesia, maka berkembanglah bahasa Indonesia dengan kepesatan luar biasa. Berbagai faktor berpengaruh terhadap perkembangan itu, namun yang terutama adalah kesungguhan kita untuk mengembangkannya sebagai bahasa Nasional yang memenuhi syarat untuk segala keperluan berbahasa.
            Bahasa Indonesia mengukuhkan kesejatian identitas Indonesia karena bahasa Indonesia tumbuh dan berkembang sejalan dengan kebangkitan kesadaran Nasional Indonesia, maka tepatlah kita menilai bahasa Indonesia sebagai suatu hasil perkembangan perikehidupan berbudaya dan berbangsa Indonesia. Bahasa Indonesia dalam perkembangan telah memenuhi segala syarat bahasa Nasional maka wajiblah kita mengusahakan segala kelengkapannya demi kesempurnaan fungsinya.  
            Bahasa Aceh sebagai bahasa daerah yang terdapat dalam Negara Indonesia juga sebagai bentuk identitas daerah Aceh yang memiliki berbagai keistimewaan. Bahasa Aceh merupakan media komunikasi yang sudah turun temurun di gunakan dalam percakapan sehari-hari.
            Bahasa Aceh adalah salah satu bahasa daerah yang juga memiliki nilai sastra yang sering dituangkan dalam bentuk syair-syair, sehingga disamping berfungsi sebagai media komunikasi juga dapat menambah nilai keragaman kebudayaan di Indonesia sebagai sebuah negara yang memiliki berbagai entik suku dan keunikan budaya.
            Tentang kendala komunikasi yang kadang terjadi dan tanpa disadari telah sedikit menghambat untuk berinteraksi serta berkomunikasi dengan suku dari daerah lain . Disamping itu juga sering terjadi kesalahan dalam proses penerjemahan, dalam hal ini khususnya adalah penerjemahan kata dari bahasa Indonesia kedalam kata bahasa Aceh .
Dapat dilihat pula bahwa begitu pentingnya sebuah bahasa dalam suatu komunikasi yang digunakan untuk berinteraksi dengan pihak lain sehingga kita dapat diterima dalam suatu komunitas yang diluar komunitas kita.
            Untuk mengantisipasi kendala dalam berkominikasi tersebut maka penulis yang terinspirasi dari software linguistic berusaha untuk mencari solusi dengan merancang sebuah “ Rancangan Dan Implementasi Perangkat Lunak Kamus Indonesia – Aceh “ yang diharapkan dapat mempermudah dalam terjemahan kata dari bahasa Indonesia kedalam kata bahasa Aceh serta untuk dapat menambah perbendaharaan kosa kata
1.2     Identifikasi Masalah
            Identifikasi masalah ini dimaksud agar masalah yang tidak berguna dapat dihindari supaya tidak terjadinya penafsiran – penafsiran yang salah. Adapun yang menjadi batas fokus masalah penelitian ini adalah  sebagi berikut :
  • Sering terjadinya kesalahpahaman dalam komunikasi atau penerjemahhan.
  • Menghambat untuk berinterkasi dan berkomunikasi.
  • Upaya – upaya untuk mewujudkan suatu rancangan program dengan menggunakan visual basic.

1.3     Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengurangi kendala dalam masalah penerjemahan yang kadang-kadang terjadi dalam berkomunikasi dengan komunitas lain, serta untuk menambah perbendaharaan kosa  kata baik bahasa Aceh ataupun bahasa Indonesia, maka dari itu sesuai dengan identifikasi masalah, tujuan penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut :
1.      Untuk membantu mengurangi masalah kendala komunikasi yang terjadi dalam komunitas yang berbeda.
2.      Untuk menambah perbendaharaan kosa kata.
3.      Untuk memudahkan dalam proses penerjemahan.
4.      Untuk penyimpanan data yang lebih praktis dan bisa digunakan dalam waktu jangka panjang.
5.      Untuk mendesain atau merancang sebuah Rancangan Dan Implementasi Perangkat Lunak Kamus Indonesia – Aceh.
6.      Untuk mendapatkan wawasan serta kemampuan dalam meningkatkan ilmu pengetahuan pada STMIK Bina Bangsa Lhokseumawe. 
7.      Untuk menyiapkan Tugas Akhir sebagai salah satu syarat guna menyelesaikan studi pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer ( STMIK ) Bina Bangsa Lhokseumawe.
Dalam pembahasan Skripsi ini penulis juga mempunyai tujuan antara lain sebagai berikut:
1.      Untuk mengaplikasikan ilmu yang telah didapat serta sejauh mana penerapan yang ada dilapangan.
2.      Untuk menambahkan wawasan dan kemampuan serta tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.

1.4              Batasan Masalah

Agar pokok permasalahan tidak terlalu meluas maka berdasarkan permasalahan diatas, penulis membatasi ruang lingkup permasalahan hanya pada RANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PERANGKAT LUNAK KAMUS INDONESIA – ACEH yang hanya dapat menterjemahkan kata per kata secara dua arah terjemahan.  
       
1.5       Manfaat Penelitian

            Beberapa manfaat dari penelitian atau penyusunan pada tugas akhir ini adalah sebagai berikut  :
1.            Untuk membantu menerjemahkan kata serta membantu menyelesaikan masalah atau kendala dalam berinteraksi dan komunikasi.
2.            Penyimpanan data berbasis komputerisasi sehingga data yang ada tidak mudah rusak dan hilang.
3.            Dapat menjadi referensi bagi pihak – pihak yang berkepentingan tentang proses penerjemahan Kamus Indonesia – Aceh.
4.            Dapat menjadi tambahan wawasan bagi penulis di dalam bidang bahasa pemograman visual basic. 

 1.6    Sistematika Laporan Penulisan

            Agar Tugas Akhir ini tersusun dengan mudah dan dapat dimengerti dengan baik maka penulis menyusun tugas akhir ini dalam 5 ( lima ) bab, dengan sistematika penulisan sebagai berikut :
1.  Bab I      :      Merupakan    bab   pendahuluan   yang    berisikan    tentang    Latar
Belakang Masalah, Identifikasi Masalah, Tujuan Penelitian, Batasan Masalah, Manfaat Penelitian dan Sistematika Penulisan
2.  Bab II     :      Membahas   tentang   dasar   teori  atau  telaah  kepustakaan tentang
Pengertian Rancangan, Pengertian Sistem, Pengertian Data, Pengertian Kamus, Pengertian Database.
3.  Bab III    :      Merupakan     pembahasan    masalah     Rancangan   Sistem    yang
berisikan  Desain Sistem, Desain Databse, Desain Form, Flowchart.
4.  Bab IV    :     Pada   bab   ini   yang   akan   dibahas    adalah    Implementasi   dan Pembahasan yaitu Hasil Rancangan Desain Form.
5.  Bab V     :      Penutup, Kesimpulan dan Saran.




BAB II

LANDASAN TEORITIS
  
2.1   Pengertian Rancangan

            Husni Iskandar Pohan dan Kussnaariyanto Saiful Bahri ( 1997 : 5 ) mendefenisikan, Rancangan adalah pemodelan atau metode dimana dari waktu ke waktu akan berubah sesuai dengan perkembangan tekhnologi
            Untuk lebih memahami bagaimana dan apa saja langkah-langkah yang diperlukan dalam memulai suatu rancangan agar rancangan tersebut terarah dan terorganisir, dapat diperhatikan pada tahap rancangan di bawah ini : 
Tahap rancangan terstruktur melingkupi :
1.      Survey ;  berfungsi untuk mengetahui kebutuhan pemakai, kesalahan – kesalahan dalam sistem lama, menetapkan tujuan perancangan, mengajukan usulan otomasi sistem yang layak dan dapat diterima serta menyiapkan laporan survey yang berisi segala sesuatu pada point diatas.
2.      Analisa Sistem ; menggabungkan laporan survey dan kebijakan pemakai menjadi spesifikasi yang terstruktur dengan menggunakan pemodelan.
3.      Desain ; mengimplementasikan model yang diinginkan pemakai.
4.      Implementasi ; mempresentasikan hasil desain kedalam pemograman .
5.      Uji coba desain ; menguji coba seluruh spesifikasi terstruktur.
6.      Testing terakhir ; menguji coba sistem secara keseluruhan.
7.      Deskripsi Prosedur ; pembuatan laporan teknis tertulis seperti petunjuk pemakaian dan pengoperasian perangkat lunak.
8.      Instalasi ; aspek terakhir yang mesti dilakukan mencakup serah terima perangkat lunak dan pelatihan pemakaian.
9.      Perawatan ; pemeliharaan peangkat lunak secara berkesinambungan.

2.2    Pengertian Sistem
Gordon B.Davis ( 1983 ) mendefenisikan, Sistem dapat bersifat abstrak dan fisik. Sistem abstrak adalah suatu susunan teratur gagasan atau konsepsi yang saling tergantung sedangkan sistem fisik adalah serangakaian unsur yang saling bekerja sama untuk tujuan tertentu.
Menurut Muhammad Yasin (1986 : 156)  menyatakan bahwa : “Sistem adalah penggabungan, pernyataan dari dua atau lebih bagian–bagian, komponen-komponen atau subsistem-subsistem yang terindepent dan ditandai oleh batas-batas yang jelas dari suatu lingkungan sistem”.
Sedangkan sistem menurut Raymond Mcleod Jr (1996 : 14) menyatakan bahwa ”Sistem adalah sekelompok elemen-elemen terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai tujuan”.   
Sistem adalah suatu kelompok elemen-elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai tujuan dan untuk mencapai tujuan tersebut suatu sistem memerlukan suatu proses.
Suatu sistem akan tercapai tujuan dengan baik bila terdapat pengawasan yaitu terdiri dari pengawasan data input, pengawasan data output serta kontrol terhadap suatu operasi sistem. Adapun pengertian lain dari sistem adalah seperangkat elemen-elemen yang terdiri dari manusia, mesin atau alat dan prosedur serta konsep-konsep yang dihimpun menjadi satu, guna mencapai tujuan bersama.    
            Dari pengertian-pengertian diatas jelaslah bahwa sistem secara keseluruhan terdiri dari sub-sub sistem yang berinteraksi satu sama lainnya untuk mencapai sustu tujuan yang telah ditetapkan.

2.3    Pengertian Data
            Secara umum data adalah segala sesuatu yang terjadi dan ada disekeliling kita atau dengan kata lain lingkungan dimana kita berada, jadi semua yang ada dilingkungan kita yang dapat kita lihat dan kita rasakan adalah data yang dapat diolah menjadi informasi.  
            Data adalah suatu istilah majemuk dari Yunani, yang berarti fakta atau bagian yang mengandung arti yang berhubungan dengan kenyataan baik berupa simbol, gambar, kata – kata, angka atau gabungan darinya. Jelasnya dat itu dapat berupa apa saja dan dapat ditemui dimana saja.
            Robert G.Murdik ( 1996 : 6 ) mendefenisikan, Data adalah fakta dan angka yang tidak digunakan pada proses keputusan dan biasanya berbentuk catatan histori yang dicatat dan diarsipkan tanpa maksud untuk segera diambil kembali pengambilan keputusan.
            Menurut Moekijat (1984 : 17) “Data adalah bahan mentah informasi, dirumuskan sebagai lambang-lambang tidak acak yang menunjukkan jumlah-jumlah, tindakan-tindakan, hal-hal dan sebagainya. Data dibentuk dari lambang-lambang seperti +, ^ dan ?. Data disusun untuk mengolah tujuan menjadi susunan kearsipan atau pusat data dan landasan data”. 
            Sedangkan  Gordon B.Davis ( 1993 : 24 ) mendefenisikan, Data adalah kelompok teratur simbol – simbol yang mewakili kualitas tindakan, benda dan sebagainya.
Dari pendapat para ahli tersebut jelaslah bahwa data adalah kumpulan dari beberapa kejadian yang telah dikumpulkan dan merupakan suatu masalah yang akan dilakukan penyelesaian. Hasil akhir dari penyelesaian masalah atau hasil akhir dari proses pengolahan data informasi.

2.4    Pengertian Database.
            Evangelos Petroutsos ( 2002 : 3 ) mendefenisikan, Database adalah sebuah objek yang kompleks untuk menyimpan informasi yang terstruktur, yang diorganisir dan disimpan dalam suatu cara yang mengizinkan pemakainya dapat mengambil informasi dengan cepat dan efisien.
            Database sebagai kumpulan informasi disimpan dalam suatu atau tabel. Baris dalam tabel berisi satu unit data dan disebut record. Sedangkan kolom berisi atribut dari record dan disebut field
            Pada prinsipnya, perancangan database membutuhkan logika. Database ditujukan untuk memecahkan masalah praktis yang dihadapi, yaitu penyimpanan dan pengambilan data. Masalah praktis membutuhkan solusi yang praktis dan databasenya tidak didasarkan kepada konsep matematika atau konsep abstrak lainnya. Didalam database juga terdapat suatu record – record atau dengan kata lain yaitu sebaris data yang dimasukkan dan disimpan dalam database yang kemudian disimpan dalam suatu media penyimpanan.
            Dalam Accses, istilah database menggambarkan kumpulan data, form dan instruksi untuk memanipulasi data yang menyusun aplikasi bisnis atau personal. Semua komponen database ini disimpan dalam sebuah file tunggal dengan ekstensi .MDB. 

2.5   Operasi Database
Seperti namanya sebuah program database yang memungkinkan untuk menyimpan dan memanipulasi data, misalnya dengan menggunakan Access untuk mengatur informasi donor, bantuan untuk organisasi non profit, melacak pelanggan, nota-nota untuk sebuah bisnis kecil, menyimpan data sejarah medis pasien atau tagihan sebuah kantor kesehatan.
Dalam hal ini Access mempunyai perangkat lunak multiguna lainnya seperti program-program pengolah kata dan spreadsheet.
Sebuah program database dapat digunakan untuk melaksanakan operasi-operasi mendasar, misalnya :
v  Menetapkan cara yang sesungguhnya Entity (kesatuan) database.
v  Memasukkan, menyunting dan menghapus data.
v  Memanggil data sesuai dengan jenis kriteria pencarian
v  Merancang kostum form layar untuk memeriksa, memasukkan dan memperbaharui data.
v  Merancang laporan, tabel, gambar dan tampilan layer dengan tampilan informasi yang menarik.
v  Memeriksa atau mencetak data yang dipilah-pilah menjadi berbagai urutan.
v  Melaksanakan perhitungan, menampilkan dan mencetak hasilnya.
v  Melaksanakan aktifitas penanganan seperti mengarsipkan data.

2.6     Pengertian Komputer
Komputerisasi adalah proses pelaksanaan pelayanan dalam suatu organisasi dengan menggunakan komputer. Dari uraian tersebut dapatlah dimengerti bahwa komputer itu merupakan sebuah mesin yang memproses data menjadi informasi yang bermanfaat.
Elemen-elemen dari sistem komputer adalah hardware, software dan brainware. Hardware adalah peralatan di sistem komputer yang secara fisik dapat dilihat dan diraba. Software adalah program berisi perintah-perintah untuk melakukan pengolahan data. Brainware adalah manusia yang terlibat dalam pengoperasian serta mengatur sistem komputer.
Secara umum sistem komputer dapat dikelompokkan dalam tiga kelompok utama yaitu :
1.  Perangkat Keras (Hardware)
            Hardware adalah peralatan di sistem komputer yang secara fisik dapat diraba. Hardware terbagi 4 jenis yaitu :
a.  Input Device
            Input device adalah alat tempat memasukkan data dan program yang biasanya terdiri dari keyboard, mouse, scanner, voicer dan recognizer.
            Keyboard adalah alat input yang paling banyak digunakan, misalnya untuk proses pengetikan lewat penekanan tombol yang ada dikeyboard, mouse merupakan pointing device yang digunakan untuk mengatur posisi kursor dilayar dengan menggeser mouse diatas mousepad atau diatas bidang yang datar.
            Scanner adalah alat input yang dapat bekerja dengan cara meraba secara elektronik input yang dibaca.
b.  Processing Device
            Unit ini merupakan jantung dari pada sistem komputer, semua data yang dimasukkan oleh input device akan diolah dalam unit ini biasanya disebut dengan CPU (central processing unit).
CPU biasanya dibagi 2 (dua) bagian utama yaitu unit kendali dan unit aritmatika logika.
·         Unit Pengendali
Unit pengendali adalah mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer .
Adapun tugas-tugas daripada kontrol unit mencakup beberapa hal berikut ini :
1.      Menguasai peralatan input dan output.
2.      Memasukkan data kedalam storage unit dan menjemput kembali data dari storage unit.
3.      Mengendalikan pengirim-pengirim data selama pengelohan berlangsung antara storage unit dan logical unit.
·         Aritmatika Logical Uni.
Bagian lainnya dalam CPU yang memegang peranan penting dalam pengolahan data adalah Aritmatika Logical Unit yang melaksanakan pengolahan data secara fisik termasuk penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian.
c.   Storage Device
            Unit ini merupakan sarana penyimpanan dan dan terbagi pada 2 (dua) bagian :
·         Memory Utama (Main Memory)
Memory Utama adalah penyimpanan data dalam sistem.
·         Memory Pendukung (Auxelary Memory)
Suatu sarana penyimpanan yang letaknya diluar memory utama, misalnya disket, flashdisk atau compact disk dan lain-lainnya.
d.   Output Device
            Output device yaitu device yang menghubungkan CPU dengan media output yang berfungsi untuk mengirim dan mengolah data yang telah diolah oleh CPU dan ditampilkan ke media ourtput misalnya monitor atau printer.
2.  Unsur Manusia (Brainware)
            Brainware adalah unsur yang sangat berperan dalam menjalankan sistem komputerisasi dan dapat di kelompokkan menjadi beberapa bagian :
a. EDP Manajer
b. Sistem Analis
c. Programmer
d. Operator Komputer
e. Data Entry
f. Teknisi Komputer
3.  Perangkat Lunak (Software)
            Perangkat Lunak adalah salah satu bagian dari komputer yang dapat berfungsi dalam mengolah data. Perangkat lunak biasanya berbentuk program dan dibagi empat, yaitu :
Ø  Language Program
Ø  Application Program
Ø  User Program
Ø  Operating Sistem Programme

2.7  Pengertian Kamus

Hasan Alwi ( 2003 : 10 ) mendefenisikan, Kamus merupakan khazanah perbendaharaan kata suatu bahasa yang menggambarkan tingkat peradaban bangsa pemiliknya.
Menurut W.J.S Poerwadarminta ( 2005 : 10 ) ”Kamus adalah buku yang berisi keterangan tentang arti kata-kata”.
Sedangkan Hoetomo M.A ( 2005 : 10 ) mendefenisikan, Kamus yaitu buku acuan yang memuat kata dan ungkapan yang biasanya disusun menurut abjad berikut keterangan tentang maknanya.   
            Dalam kamus bahasa Indonesia kamus juga diartikan sebagai  suatu media yang dapat dijadikan sebagai acuan yang memuat kata dan ungkapan, biasanya disusun menurut abjad berikut keterangan tentang makna, pemakaian atau terjemahannya.

NB : SOBAT INGIN BAB 3 4 DAN 5 SILAHKAN REQUEST DIKOLOM KOMENTAR...........
 

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "SKRIPSI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER RANCANGAN DAN IMPLEMENTASI KAMUS INDONESIA – ACEH"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top