iklan

SKRIPSI PROGRAM MANAJEMEN PERSEPSI KARYAWAN ATAS PELAKSANAAN PROGRAM KESEJAHTERAAN PADA DIVISI PROGRAM MANAGEMENT OFFICE PT. ANEKA PANGAN BERMUTU, Tbk. SURABAYA



BAB I
PENDAHULUAN

1.1.       Latar Belakang
Sumber Daya Manusia adalah salah satu sumber daya yang sangat potensial untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Sehingga banyak perusahaan yang mengubah sistem manajemen sumber daya manusianya dari sistem yang tergantung peraturan dan prosedur menjadi suatu sistem yang mengacu pada kebutuhan karyawan, sehingga dapat memberdayakan karyawan dalam rangka meningkatkan prestasi kerja karyawan. Berbagai upaya yang ditawarkan oleh kebanyakan perusahaan adalah dengan kompensasi, promosi, gaji, program pelayanan kesejahteraan dan pelatihan. Namun semua hal tersebut kembali lagi kepada diri karyawan itu sendiri, yakni  mengenai bagaimana tanggapan karyawan terhadap upaya-upaya perusahaan untuk meningkatkan kinerja dan prestasi mereka.
Tanggapan karyawan sangatlah penting karena akan berpengaruh terhadap produktivitas mereka dalam bekerja. Tanggapan ini dapat terbagi antara setuju / tidak setuju, senang / tidak senang, puas / tidak puas dan baik / tidak baik. Suatu program upaya yang akan dilaksanakan oleh perusahaan akan berhasil dan berjalan dengan baik apabila kebanyakan tanggapan karyawan adalah positif. Bila kebanyakan tanggapan karyawan adalah negatif, maka sudah bisa dipastikan bahwa upaya yang dilakukan oleh perusahaan tingkat keberhasilannya sangatlah kecil, sehingga pada akhirnya akan merugikan kedua belah pihak yaitu perusahaan dan karyawan.
Program kesejahteraan terkait erat dengan kompensasi, insentif, dan kepuasan kerja sebagai hasil dari adanya tanggapan tersebut. Tujuan program kesejahteraan adalah untuk kepuasan kerja, stabilitas karyawan, motivasi, disiplin, menjamin keadilan, menghargai perilaku yang diinginkan dan memenuhi peraturan legal. Promosi merupakan bentuk dari kompensasi non financial rewards. Gaji adalah salah satu dari kompensasi langsung. Kesejahteraan merupakan kompensasi tidak langsung, seperti jaminan sosial yang termasuk di dalamnya adalah asuransi tenaga kerja dan tunjangan - tunjangan lainnya dari perusahaan.
Program kesejahteraan karyawan diberikan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan karyawan di  luar gaji atau upah, akan tetapi juga sesuatu yang berbentuk tunjangan dan fasilitas seperti : penyediaan kantin, penyediaan sarana ibadah, pelayanan kesehatan, tunjangan hari raya dan lain sebagainya.
Dari uraian di atas dapat diidentifikasi bahwa faktor yang mempengaruhi aktifitas kerja karyawan antara lain terdiri dari kompensasi, promosi, gaji, program kesejahteraan. Dan berdasarkan uraian pada latar belakang diatas, penulis kemudian tertarik untuk mengangkat topik ini dalam suatu karya ilmiah berupa skripsi dengan judul “ PERSEPSI  KARYAWAN ATAS PELAKSANAAN PROGRAM  KESEJAHTERAAN PADA DIVISI PROGRAM MANAGEMENT OFFICE PT. ANEKA PANGAN BERMUTU, Tbk. SURABAYA ”

1.2.         Pembatasan Masalah
Agar penelitian lebih fokus dan karena keterbatasan penulis, maka tidak semua permasalahan yang diuraikan pada latar belakang masalah dapat diteliti oleh penulis. Untuk itu penulis membatasi obyek penelitian pada program kesejahteraan. Adapun alasan penulis memilih program kesejahteraan sebagai obyek penelitian, karena program kesejahteraan dapat menumbuhkan suatu kepuasan yang tinggi dari karyawan serta akan menimbulkan semangat kerja secara optimal sehingga peningkatan produktivitas kerja tercapai.
Penulis juga memilih pegawai sebagai sampel dibatasi hanya pada pegawai yang ada pada Divisi Program Management Office (PMO)         PT. Aneka Pangan Bermutu, Tbk. Surabaya. dengan alasan penulis pernah bekerja pada divisi tersebut sehingga dapat memudahkan dalam pengambilan data yang dibutuhkan pada penelitian.

1.3.         Perumusan Masalah
Berdasarkan uraian di atas maka penulis merumuskan masalah yang akan diteliti, yaitu: “Bagaimana Persepsi karyawan atas pelaksanaan program Kesejahteraan pada Divisi Program Management Office PT. Aneka Pangan Bermutu, Tbk Surabaya? ”
1.4.      Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.4.1.       Tujuan
Tujuan penelitian adalah untuk menjawab masalah yang telah dirumuskan di atas, yaitu untuk mengetahui persepsi karyawan atas program kesejahteraan pada Divisi Program Management Office      PT. Aneka Pangan Bermutu, Tbk. Surabaya.
1.4.2.       Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian ini yaitu : sebagai bahan studi oleh pihak manajemen perusahaan agar dapat dikembangkan lebih baik dan juga sebagai bahan pertimbangan dalam melaksanaan program kesejahteraan karyawan di masa yang akan datang. Selain itu, diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang bermanfaat bagi penulis, khususnya dalam masalah program kesejahteraan.

1.5.         Sistematika Penulisan
Pembuatan sistematika ini dimaksudkan untuk memudahkan penyampaian informasi berdasarkan urutan dan aturan logis dari penelitian yang dilakukan serta memberikan gambaran menyeluruh mengenai penelitian ini.
Bab I      :    Pendahuluan
Di dalamnya menguraikan mengenai latar-belakang masalah dari penelitian ini, identifikasi masalah, pembatasan masalah dan perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, serta sistematika penulisan.
Bab II    :    Landasan Teori
Membahas hal-hal mengenai pengertian-pengertian pokok dari teori-teori yang dikemukakan para ahli yang mendukung pelaksanaan penulisan skripsi ini dan sebagai landasan untuk pembahasan selanjutnya. Akan dikemukakan juga kerangka pemikiran penelitian dan hipotesis.
Bab III   :    METODOLOGI PENELITIAN
Bab ini secara khusus akan membahas mengenai metode penelitian sebagai acuan bagi analisis data pada bab selanjutnya.
Bab IV   :    Hasil Penelitian dan Pembahasan
Bab ini merupakan bab utama, di dalamnya memuat isi penting mengenai temuan dari hasil penelitian yang berkaitan dengan judul skripsi ini, di mana hasilnya dianalisis secara sistematis disertai interpretasinya.
Bab V    :    Kesimpulan dan Saran
Merupakan bab terakhir dari skripsi ini yang akan menyajikan hasil pembahasan setelah dilakukan analisis dan kesimpulan, serta saran-saran yang dapat bermanfaat bagi obyek penelitian.

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian. Bandung: Rineka Cipta.
Dessler, Gary. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jilid 1 dan 2. Jakarta: Indeks.
Flippo, Edwin B. 2002. Manajemen Personalia. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.
Ghozali. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Penerbit Undip.
Handoko, T. Hani. 2003. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: BPFE.
Hasibuan, Malayu. S.P. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Husnan, Suad. 2002. Manajemen Personalia. Yogyakarta: BPFE-UGM.
Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. 2005. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandung: Refika Aditama, Bandung.
Manullang,  M.   2006. Dasar-Dasar  Manajemen,  Ghalia  Indonesia, Jakarta, 2006.
Riduwan. 2006. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Siagian, Siondang P. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. 2006. Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "SKRIPSI PROGRAM MANAJEMEN PERSEPSI KARYAWAN ATAS PELAKSANAAN PROGRAM KESEJAHTERAAN PADA DIVISI PROGRAM MANAGEMENT OFFICE PT. ANEKA PANGAN BERMUTU, Tbk. SURABAYA"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top