iklan

BEBAN KERJA 24 JAM MENGAJAR MENJADI PENYEBAB GURU SULIT TAMBAH SKILL

Rppkurikulum2013.org - Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,, Selamat malam rekan-rekan guru semua yang berada diseluruh Indonesia, malam ini rppkurikulum2013.org akan membagikan informasi mengenai,,,,,,,

Sebagai pendidik, guru dituntut selalu memiliki keterampilan baru. Dengan begitu, mereka bisa memberikan banyak ilmu dan pengetahuan kepada muridnya. Sayangnya, masih banyak guru belum mampu meng-upgrade berbagai keterampilan mereka. 

Diskusi pendidikan
Diskusi pendidikan "Apa Kabar KKG dan MGMP" di Kemdikbud. (Foto: Afriani S/Okezone)

Co-Founder Pusat Studi Kebijakan Pendidikan (PSKP), Ifa Hanifah Misbach, MA menuturkan, penyebab utama para guru kesulitan untuk mengembangkan kemampuan sebagai pengajar adalah beban kerja. "Setiap minggu, mereka harus memenuhi beban 24 jam mengajar. Karena itu regulasinya, jadi para guru lebih mengedepankan prioritas itu dulu," ujar Ifa, dalam diskusi pendidikan 'Apa Kabar Kelompok Kerja Guru (KKG) & Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)?' di Kemdikbud, Rabu (8/6/2016). 

Beban kerja tersebut, ujar Ifa, membuat para guru kesulitan memenuhi kebutuhan untuk memperkaya kemampuan mereka. Pasalnya, memenuhi beban mengajar saja sudah memeras tenaga. "Kalau dari fisiknya sudah lelah, kognitifnya juga sulit menerima. Jadi bagaimana mereka bisa berkembang?" ucapnya. Ifa menilai, salah satu solusi masalah ini adalah dengan mengubah regulasi 24 jam mengajar tersebut. 

Misalnya, dengan mengombinasikan metode pembelajaran dalam memenuhi kewajiban jam mengajar. "Mungkin 18 jamnya itu tatap muka, tapi sisanya bisa dilakukan relasi dengan siswa melalui diskusi aktif. Karena membangun relasi dengan siswa itu kan penting. Tapi bagaimana mau membangun relasi, kalau gurunya sendiri sudah lelah," imbuhnya. Kritik lainnya, ujar Ifa, adalah selama ini kita hanya fokus pada regulasi pengajarannya tetapi tidak memperhatikan mental guru yang juga perlu diperbaiki. Menurutnya, keberadaan waktu untuk diri sendiri bagi seorang guru bisa meningkatkan mental mereka menjadi lebih baik. "Jadi kesempatan liburan, me time, sampai membuka wawasan baru itu sangat mewah bagi para guru," tambahnya.

Untuk berita terbaru tentang guru lainnya, bisa kunjungi laman   DISINI

Sumber : okezone

Demikian informasi yang dapat rppkurikulum2013.org berikan, semoga ada manfaatnya untuk kita semua........

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "BEBAN KERJA 24 JAM MENGAJAR MENJADI PENYEBAB GURU SULIT TAMBAH SKILL"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top