INGAT ! GURU JANGAN PAKAI TEKNIK LAMA MENDISIPLINKAN SISWA

Rppkurikulum2013.org - Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,, Selamat malam rekan-rekan guru semua yang berada diseluruh Indonesia, malam ini rppkurikulum2013.org akan membagikan informasi mengenai,,,,,,,

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan, dalam mendisiplinkan anak, guru dianjurkan untuk tidak mengunakan teknik lama. Karena teknik tersebut tercampur antara usaha mendisipinkan dengan memyelurkan nafsu atau emosi.


Anies menuturkan, terkadang anak-anak sering menguji kesabaran. Maka orangtua yang dapat mengelola kesabaran harus mampu mendisiplinkan hal ini. Jangan jadikan anak sebagai luapan emosi orangtua dalam mendidik.

Anies memuturkan, untuk mencegahnya, pemerintah menyediakan panduan untuk digunakan guru sebagai pedoman teknik mendisiplinkan anak dengan tidak menggunakan kekerasan.

"Ini adalah rancangan yang menarik dan penting, karena aturan ini punya efek pecegah. Harapan kami adanya pasal-pasal dalam Undang-Undang ini masyarakat menyadari ada pelindungan dan bisa membantu melakukan pencegahan," kata alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) ini usai Raker dengan Komite III DPD tentang Kekerasan Seksual di Gedung DPD, Jakarta, Senin, (13/6).

Ia mengatakan, ke depan, akan ada tim pencegah di setiap sekolah untuk memastikan potensi sehingga terdeteksi lebih awal dan bisa dihentikan. Pasalnya, nilai-nilai kebaikan dapat disebarkan tanpa harus melakukan kekerasan.

Selanjutnya, menyikapi kasus seorang murid yang melaporkan guru kembali terulang, Anies mengatakan, keputusan melapor atau tidaknya merupakan hak setiap orang. Namun di sisi lain, alangkah baiknya tidak membawa ke ranah hukum. Namun, ia mengatakan tidak ada kekuatan untuk melarang sesorang melapor.

Anies mengimbau agar kejadian yang sama tidak terulang lagi, orangtua dan anak untuk melaporkan kepada sekolah dan dinas apa yang terjadi sebagai salah satu cara mencegah.

Sementara itu, Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (GTK Kemdikbud), Surmarna Surapranata mengatakan, pendidikan sekarang memang berbeda dengan dulu, sehingga anak dicubit termasuk dalam perbuatan kriminal.

Pranata menuturkan, jika menangani anak bandel tidak semestinya mengunakan kekerasan. "Ada seorang guru menangani anak superbandel, namun dia tidak melakukan kekerasan, tetapi dengan kelembutan dan anaknya dapat menjadi akur," ujar dia.

Pranata juga mengatakan, guru juga memiliki perlindungan dari pemerintah sebagaimana tertulis dalam Peraturan Menteri (Permen) No 74 Tahun 2008 tentang Guru. Mereka dilindungi sepanjang mereka tidak melakukan kekerasan fisik kepada anak.

"Kami juga melindungi ya, tetapi alangkah baiknya jika guru dan orangtua saling melaporkan apa yang terjadi kepada sekolah," ujar dia.

Sumber : beritasatu

Demikian info yang dapat rppkurikulum2013.org berikan, semoga ada manfaatnya untuk kita semua........

0 Response to "INGAT ! GURU JANGAN PAKAI TEKNIK LAMA MENDISIPLINKAN SISWA"

Post a Comment