iklan

APAPUN KURIKULUMNYA , MAU KTSP ATAU K-13 KUALITAS GURU WAJIB DIUTAMAKAN

Rppkurikulum2013.org - Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,,, Selamat pagi rekan-rekan guru semua yang berada diseluruh Indonesia, pagi ini rppkurikulum2013.org akan membagikan informasi mengenai,,,,,,

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Prof DR H. Muhadjir Effendy, MAP., menegaskan bahwa keberhasilan menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas bagi anak didik, dilihat dari kemampuan guru ketika mengajar mata pelajaran di dalam kelas, bukan hanya dilihat dari kurikulumnya yang diterapkan.


Kurikulum yang sekarang ini sedang dipergunakan ada dua, yakni Kurikulum tahun 2006 yang umum disebut Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Kurikulum tahun 2013 yang dikenal dengan K13.

Menanggapi dualisme kurikulum yang saat ini diterapkan di seluruh sekolah yang ada di negara ini yakni Kurikulum 2013, Kurikulum 2006 (KTSP), Mendikbud tidak banyak mempermasalahkannya. Hanya saja, ke depannya penggemblengan kualitas guru sebagai sosok yang digugu dan ditiru itu dipastikan yang akan diutamakan.

“Karenanya, kualitas pendidikan tidak ditentukan kurikulum berganti atau tidak, namun kualitas pendidikan itu sangat ditentukan oleh kualitas gurunya,” tandas Muhadjir dalam percakapan dengan SP belum lama ini di Malang.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) selama 16 tahun dan 12 tahun sebagai Pembantu Rektor (PR) UMM mendampingi mantan Mendikbud Prof Dr HA Malik Fadjar MSc., itu, mengemukakan, bahwa perbedaan paling mendasar antara KTSP dengan K13 ada pada kegiatan pengembangan silabus yang menjadi kewenangan satuan pendidikan, beralih ke pemerintah, kecuali untuk mata pelajaran tertentu yang secara khusus dikembangkan di satuan pendidikan yang bersangkutan.

“Ada kesamaan esensi antarkedua kurikulum itu, di antaranya tentang pendekatan ilmiah (scientific approach) di mana pembelajaran itu berpusat pada siswanya. Jadi memang siswanya yang mencari pengetahuan bukan sekedar hanya menerima pengetahuan dari guru. Ini menjadi sesuatu yang bagus karena siswa bisa memanfaatkan teknologi informasi internet. Pendekatan ini mempunyai esensi yang sama dengan Pendekatan Keterampilan Proses (PKP),” ujarnya.

Pada bagian lain Muhadjir Effendy yang juga Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Bidang Pendidikan, Kebudayaan dan Litbang itu menjelaskan, bahwa terkait pendekatan sebenarnya bukan pada masalah kurikulum, tetapi justru implementasi yang kurang dan bahkan belum jalan di kelas. Pendekatan ilmiah yang diemban pada K13 bisa menjadi sia-sia bila kualitas SDM guru kurang memadai dalam mengaplikasikannya dalam pembelajaran di kelas.

Ketika menyampaikan pandangannya pada Simposium Pendidikan dan Pelantikan Perhimpunan Keluarga Besar Pelajar Islam Indonesia (KBPII) Jawa Timur 2016-2020, beberapa waktu yang lalu, Muhadjir Effendy mengatakan bahwa kurikulum yang ada saat ini belum direncanakan untuk diganti dan masih akan jalan terus pada dunia pendidikan di Indonesia.

Muhadjir yang masih memegang posisi Ketua Dewan Kehormatan Perhimpunan KB PII Jatim 2016-2020 itu mengingatkan, bahwa parameter pendidikan di Indonesia, tetap ada pada kualitas guru itu yakni keahlian (expert) atau profesionalisme, tanggung jawab sosial pada kualitas pendidikan, dan panggilan hidup (jiwa korsa).

“Dari itu saya yakin akan bisa tercapai fokus utama dalam memajukan pendidikan kita ke depan karena bertumpu pada kaidah yang tepat dan benar,” katanya.

Selain itu, dalam pergantian tongkat estafet Mendikbud sebelumnya yakni Anies Baswedan kepadanya, Presiden RI Joko Widodo telah menginstruksikan dan mengawal tiga tugas pekerjaan, yakni kualitas pendidikan, akses pendidikan, dan penyiapan generasi siap kerja.

“Pak Presiden mengatakan kepada saya, bahwa tiga pekerjaan yang harus bisa saya selesaikan adalah akses pendidikan yang keberpihakan pada masyarakat miskin, melakukan link and match antara dunia pendidikan dan dunia kerja dalam penyiapan generasi siap kerja, serta memperbanyak sekolah menengah kejuruan (SMK) tanpa laboratorium,” katanya.

Oleh sebab itu, ia akan membangun pendidikan di Tanah Air sebagaimana diharapkan Presiden Jokowi, baik dari segi sarana dan prasarana maupun SDM pendidiknya sesuai dengan kebutuhan.

Untuk info guru lainnya, bisa kunjungi laman     DISINI

Sumber : beritasatu

Demikian berita yang dapat rppkurikulum2013.org berikan, semoga ada manfaatnya untuk kita semua......

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "APAPUN KURIKULUMNYA , MAU KTSP ATAU K-13 KUALITAS GURU WAJIB DIUTAMAKAN "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top