iklan

MENDIKBUD LANJUTKAN PROGRAM SEKOLAH SEHARIAN ATAS PERINTAH PRESIDEN !

Rppkurikulum2013.org - Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,, Selamat malam rekan-rekan guru semua yang berada diseluruh Indonesia, malam ini rppkurikulum2013.org akan membagikan informasi mengenai......

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhajir Effendy mengutarakan niatnya untuk meneruskan program semacam full day school (FDS) yang disesuaikan dan lebih tepat disebut co-extracurricular. Program tersebut sudah lama dan bisa berjalan baik sebagaimana yang sudah diterapkan puluhan tahun di Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Darussalam Gontor, Ponorogo.


“Tapi namanya bukan FDS. Ya, entah apa namanya nanti. Yang pasti konsepnya tidak jauh dengan pola FDS,” ujar Muhadjir menjawab pertanyaan wartawan usai meresmikan pembukaan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) serta Olimpiade Sains Ponpes Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, Jatim, Minggu (21/8). Menurut pimpinan Ponpes Modern Darussalam Gontor, KH Hasan Abdullah Syahal, acara tersebut diikuti oleh 1800 santri dari 40 ponpes seluruh Indonesia.

Lebih lanjut Mendikbud mengatakan, bahwa program tersebut sebenarnya tidak bermasalah dan dipastikan akan bisa dilaksanakan. “Seperti yang ada di Ponpes Modern Darussalam Gontor ini. Ponpes ini sejak lama menerapkan pola yang lebih dari FDS. Bahkan, yang ada di sini bisa disebut full day school and night (FDSN),” tandas Muhadjir sambil menambahkan, bahwa Ponpes Modern Darussalam Gontor tersebut dapat dikatakan sebagai pelopor.

Muhadjir mengakui, memang banyak pro kontra seputar wacana FDS. Namun rencana program itu akan tetap dijalankan karena menurutnya, mereka yang menolak itu belum sepenuhnya memahami konsep tersebut. Apalagi, lanjut dia, FDS yang disesuaikan itu merupakan perintah dari Presiden Jokowi.

“Program ini merupakan perintah Presiden. Kan pasti sudah ada pertimbangan untung ruginya. Masa tidak dilaksanakan,” tuturnya.

Ia pun menambahkan, jika di waktu-waktu sebelumnya muncul anggapan olok-olokan

santri terkesan menjadi anak tiri Kemendikbud, mulai kini hal itu tidak lagi. Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu menegaskan, pemerintahan Jokowi dalam tiga tahun terakhir fokus menghilangkan kesenjangan, baik sosial, ekonomi maupun pendidikan.

“Itu berarti tidak ada lagi kesenjangan antara pondok pesantren dan sekolah umum lainnya. Di antaranya, santri juga akan mendapat pembagian Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang selama ini terkesan hanya berlaku bagi siswa sekolah formal. Jadi, para santri yang kondisi sosial ekonomi orang tuanya tidak mampu dan mengenyam pendidikan di Ponpes Modern Darussalam Gontor, juga bisa mendapatkan KIP,” ujarnya.

Muhadjir mengakui, saat ini regulasi konsep KIP yang akan diterima santri masih sedang dirumuskan. “Sekarang ini saya belum bisa menjelaskan bagaimana regulasinya. Tapi yang jelas, KIP merupakan milik semua siswa di Indonesia. Baik di sekolah di bawah naungan Kemdikbud maupun Kemag,” ujar Muhadjir.

Untuk info guru lainnya, bisa kunjungi laman    DISINI

Sumber : beritasatu

Demikian beria yang dapat rppkurikulum2013.org berikan, semoga ada manfaatnya untuk kita semua..........

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "MENDIKBUD LANJUTKAN PROGRAM SEKOLAH SEHARIAN ATAS PERINTAH PRESIDEN ! "

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top