iklan

TERKAIT FULL DAY SCHOOL MENDIKBUD PASTIKAN TIDAK AKAN MENGGANGU PSIKOLOGIS SISWA

Rppkurikulum2013.org - Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,,, Selamat malam rekan-rekan guru semua yang berada diseluruh Indonesia, malam ini rppkurikulum2013.org akan membagikan informasi mengenai,,,,,,,

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengaku menerima masukan soal adanya keluhan program sehari penuh di sekolah (full day school) bakal membebani psikologis dan fisik murid didik. Muhadjir menegaskan program itu akan diisi kegiatan tambahan ko-korikuler yang tidak akan menambah jam pelajaran siswa SD dan SMP.

Soal Petisi Tolak Full Day School, Mendikbud Sampaikan Terima Kasih

"Dipastikan tidak bertujuan untuk membebani psikologis siswa. Malah kegiatan tambahan akan didesain untuk mencerdaskan siswa, kita usahakan (diisi) kegiatan-kegiatan yang menggembirakan," ujar Muhadjir saat dihubungi detikcom, Senin (8/8/2016) malam.

Muhadjir menyebut respons negatif yang muncul terhadap gagasan full day school wajar terjadi. Namun program ini menurut dia bertujuan menanamkan nilai-nilai dan karakter kebangsaan dalam diri siswa pendidikan dasar.

"Wajarlah ide, gagasan disambut protes. Tapi Perpanjangan waktu di sekolah tidak dimaksud akan menambah jam pelajaran. Itu kegiatan ko-kurikuler dalam rangka pembentukan karakter siswa. Mengenai adanya sekolah yang masih dipakai secara bergantian (jam belajar pagi dan siang) itu kan kasuistik, jadi penyelesaiannya juga nanti per kasus saja. Bisa melalui skema bantuan unit sekolah baru (USB) misalnya," imbuh mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini.

Dia mencontohkan kegiatan tambahan dalam full day school yang masih dalam tahap kajian ini yakni mempopulerkan lagi kesenian atau permainan tradisional yang berisikan kebudayaan dan kearifan lokal. Dipastikan tidak ada jam pelajaran yang bertambah.

"Ini arahnya realisasi nawacita Pak Presiden. Saya menerjemahkan visi presiden di bidang pendidikan yang tercantum dalam nawacita di mana pendidikan karakter sangat mutlak penting pada level pendidikan dasar," sebutnya.

Gagasan full day school ini sudah disampaikan Mendikbud ke Wakil Presiden Jusuf Kalla saat bertemu di Kantor Wapres, Senin (8/8). JK menurut Muhadjir meminta agar Kemendikbud melakukan kajian agar program ini tidak membebani siswa SD dan SMP.

"Kita juga sedang mematangkan. Ini juga mohon persetujuan dari Pak presiden sudah, pertama Beliau sudah sangat mengapresiasi bahkan memberikan contoh-contoh. Kemudian Pak wapres sudah menyetujui kami tinggal menyusun lebih lanjut," kata Muhadjir di Kantor Wapres.

Program sekolah sehari penuh ini akan dikombinasikan dengan kegiatan-kegiatan di luar kelas. Tujuannya agar para siswa tidak terbebani secara psikologis dengan mengikuti program belajar yang hanya di ruang kelas.

"Nanti kita ubah jadi betul-betul sehari penuh ada proses pembelajaran baik di kelas maupun di luar kelas. Jadi tidak sepenuhnya ada di dalam kelas. karena secara psikologis kita tahu psikologis daya tahan anak tahannya hanya berapa jam tidak mungkin. Tapi di luar nanti mereka bisa bergembira belajar berbagai macam hal di situ kan. (Bagi) yang mau meningkatkan mengajinya ya panggil aja ustaz, kan tidak usah kita kursus ke luar. yang (belajar) bahasa Inggris juga begitu, kita panggil mentor bahasa Inggris. Kita ingin menciptakan sekolah yang menggembirakan," tutur Muhadjir. 

Untuk info guru lainnya, bisa kunjungi laman    DISINI

Sumber : news.detik

Demikian berita yang dapat rppkurikulum2013.org berikan, semoga ada manfaatnya unutk kita semua.......

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
1 Komentar untuk "TERKAIT FULL DAY SCHOOL MENDIKBUD PASTIKAN TIDAK AKAN MENGGANGU PSIKOLOGIS SISWA"

Pemikirannya masih dangkal klo hanya sampe psikologis doang...pikirin pola makan anak pada saat di sekolah, so...harus orang tua yang ngaterin makan anak, mana kesejahteraannya ??? Program gak mateng sudah d publikasi....

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top