ALHAMDULILLAH KABAR GEMBIRA DARI MENDIKBUD 3 FOKUS INI BANTU SISWA JADI UNGGUL

Rppkurikulum2013.org - Assalamualaikum wr wb,,,,,,,,,,,,,, Selamat malam rekan-rekan guru semua yang berada diseluruh Indonesia, malam ini rppkurikulum2013.org akan membagikan informasi mengenai,,,,,,,

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy menyampaikan terdapat tiga fokus utama yang akan membantu para siswa unggul seiring dengan perkembangan zaman. Salah satu di antaranya adalah percepatan penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Muhadjir Effendy (Foto: Istimewa)

"Pada fokus percepatan KIP ini perlu dilakukan dengan segera sebagai upaya untuk menghindari terjadinya generasi putus sekolah," seperti dinukil dari keterangna tertulis yang diterima Okezone, Rabu (7/9/2016).

Selain itu, fokus lainnya yang juga menjadi perhatian Mendikbud adalah pada pengembangan Pendidikan Vokasidan Realisasi Pendidikan Karakter. Penyaluran KIP ini dimaksudkan untuk bisa membantu para siswa usia enam tahun sampai 21 tahun bagi yang tidak mampu agar mendapatkan kemudahan mendapat akses pendidikan.

"Termasuk didalamnya untuk menjaring anak-anak kita yang sudah tidak sekolah dapat kembali ke sekolah. Ini menjadi kewajiban pemerintah menyediakan akses pendidikan bagi anak-anak yang putus sekolah. Dengan begitu kita dapat membantu mereka menjadi anak yang unggul,” ujarnya. Hal lainnya yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah pada persiapan generasi muda yang unggul serta berdaya saing tinggi. 

Karena itulah pendidikan karakter menjadi salah satu yang perlu diterapkan dalam sistem pendidikan. Menyiapkan generasi muda yang unggul juga diperlukan untuk bisa memasuki dunia kerja, seperti dalam pendidikan vokasi. “Kita akan tekankan pendidikan vokasi untuk menyiapkan tenaga kerja di usia produktif. Karena ketika Indonesia mencapai usia 100 tahun yakni di tahun 2045, anak Indonesia bisa menjadi generasi berdaya saing,

”imbuhnya. Mendikbud menambahkan bahwa dalam penerapan pendidikan karakter ini, perlu dikedepankan mengenai potensi lokal. Seperti misalnya di Bengkulu yang banyak memiliki museum sehingga hal tersebut bisa meumbuhkan katakter nasioalisme. "Membangun nasionalisme cinta tanah air di Bengkulu sudah banyak dilakukan seperti mengunjungi museum tempat tinggal Proklamator, itu sudah lebih dari cukup untuk menjadi narasumber bagi siswa. Jadi guru bisa jelaskan kepada siswa siapa Bapak Proklamator kita, dan tumbuhkan rasa cinta tanah air dengan mengunjungi museum itu,” tambahnya.



Download Aplikasi Info Guru dan Pendidikan di HP Android Anda Untuk Dapatkan Berita Terupdate Setiap Hari >> https://play.google.com/InfoGuruPendidikan


Sumber : okezone

Demikian berita yang dapat rppkurikulum2013.org berikan, semoga ada manfaatnya untuk kita semua........

0 Response to "ALHAMDULILLAH KABAR GEMBIRA DARI MENDIKBUD 3 FOKUS INI BANTU SISWA JADI UNGGUL "

Post a Comment